Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

PKB Desak Pemerintah Pusat Segera Turun Tangan Atasi Kelangkaan Alat Swab Antigen di Sulut

Selain mengalami kelangkaan alat swab antigen, proses vaksinasi di Sulawesi Utara juga mengalami kendala kurangnya jumlah vaksin.

PKB Desak Pemerintah Pusat Segera Turun Tangan Atasi Kelangkaan Alat Swab Antigen di Sulut
Tribunnews/Jeprima
Petugas medis menunjukan alat swab pada kegiatan tes swab kepada penumpang KRL di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). Tes swab yang dilakukan secara random untuk 300 penumpang dengan mengumpulkan cairan dari bagian belakang hidung dan tenggorokan tersebut sebagai salah satu metode untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di transportasi umum. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PKB Luqman Hakim, meminta pemerintah pusat segera turun tangan mengatasi kelangkaan alat swab antigen yang terjadi di luar Pulau Jawa-Bali, satu di antaranya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Selain mengalami kelangkaan alat swab antigen, proses vaksinasi di Sulawesi Utara juga mengalami kendala kurangnya jumlah vaksin yang bisa diakses masyarakat.

"Saya minta kepada pemerintah pusat agar segera memberikan bantuan alat swab antigen dan menggenjot vaksinasi agar penangan Covid-19 di Sulawesi Utara maksimal," kata Luqman kepada Tribunnews, Kamis (5/8/2021).

Luqman mengingatkan bahwa Sulawesi Utara sering menjadi transit warga negara dan tenaga kerja asing (terutama TKA China) sehingga cukup rentan terhadap kemungkinan penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Viral Pungli Pos Penyekatan, Modus Minta Uang Bagi yang Tak Punya Sertifikat Vaksin atau Hasil Swab

"Saya juga berharap pemerintah daerah agar tidak kendor dan terus mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," ucap Ketua DPW PKB Sulawesi Utara itu.

Di tengah kejenuhan masyarakat yang meluas, kata Luqman, pemerintah harus hadir memberikan harapan bahwa pandemi ini akan semakin terkendali.

Menurut Luqman, caranya adalah dengan terus menggalakan vaksinasi sehingga bisa tercapai herd immunity untuk meminimalisasi dampak Covid-19.

"Karena itu, tolong pemerintah pusat segera turun tangan membantu pengadaan alat swab antigen dan vaksin ke Sulawesi Utara," ujarnya.

Penulis: chaerul umam
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas