Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Mahfud MD Ungkap 2 Tantangan Pemerintah di Masa Pandemi, Dunia Nyata & Dunia Maya

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pemerintah menghadapi 2 tantangan di masa pandemi Covid-19, yakni dunia nyata dan dunia maya.

Mahfud MD Ungkap 2 Tantangan Pemerintah di Masa Pandemi, Dunia Nyata & Dunia Maya
Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman
Menkopolhukam, Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Amien Rais dan sejumlah perwakilan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan tantangan yang harus dihadapi pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Yakni, tantangan dunia nyata dan dunia maya.

Mahfud pun memberi contoh tantangan dunia nyata itu seperti, orang dengan sengaja merampas jenazah dan orang yang tidak mau mengikuti protokol kesehatan covid.

Dan, orang yang sengaja menimbulkan kerumunan.

Meskipun ada aturan pidananya, kata Mahfud, pemerintah tetap mengedepankan langkah persuasif.

Baca juga: Daftar Provinsi Luar Jawa-Bali yang Disorot Jokowi karena Tingginya Kasus Covid-19

"Semua ada pidananya, tapi kita sepakat di bidang Polhukam pengenaan hukum pidana itu merupakan uktimum remedium."

"Yaitu tindakan terakhir setelah dilakukan langkah persuasif dan administratif,” tutur Mahfud dalam dialog virtual Menko Polhukam, Menag, BNPB dengan alim ulama, pengasuh pondok pesantren, pimpinan organisasi masyarakat lintas agama dan Forkopimda se-Provinsi Banten, Sabtu (7/8/2021), dikutip siaran pers laman Kemenko Polhukam.

Kemudian, untuk tantangan dunia maya, adalah seperti beredarnya kabar bohong atau informasi palsu, yang berakibat menimbulkan kegaduhan masyarakat.

Kabar hoaks itu, kata Mahfud, tersebar pada berbagai platform media sosial.

Menkopolhukam, Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Amien Rais dan sejumlah perwakilan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). Menurut Mahfud MD, kedatangan Amien Rais beserta KH Abdullah Hehamahua, KH Muhyiddin Junaidi, Marwan Batubara, Firdaus Syam, Ahmad Wirawan Adnan, Mursalim, dan Ansufri Id Sambo guna membahas laporan Komnas HAM terkait peristiwa tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Cikampek beberapa waktu lalu. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman
Menkopolhukam, Mahfud MD memberikan keterangan pers terkait pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Amien Rais dan sejumlah perwakilan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021). Menurut Mahfud MD, kedatangan Amien Rais beserta KH Abdullah Hehamahua, KH Muhyiddin Junaidi, Marwan Batubara, Firdaus Syam, Ahmad Wirawan Adnan, Mursalim, dan Ansufri Id Sambo guna membahas laporan Komnas HAM terkait peristiwa tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di Tol Cikampek beberapa waktu lalu. Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman (Tribunnews/HO/Biro Pers Setpres/Rusman)

Baca juga: Menteri Airlangga Dorong Pemerintah Daerah Percepat Penyerapan Anggaran Penanganan Covid-19

"Data hoax dari 23 Januari sampai dengan tanggal 6 Agustus 2021 sebanyak 1837 hoax."

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas