Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bendung Ancaman Radikalisme, BNPT dan Kemensos Dirikan Warung NKRI

Kemensos bekerja sama dengan BNPT meluncurkan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Bendung Ancaman Radikalisme, BNPT dan Kemensos Dirikan Warung NKRI
HENDRI (HEN)/SERAMBI/HENDRI
Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI, Harry Hikmat saat bertemu dengan seorang anak di komplek Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (LRSAMPK) "Darussa'adah" Aceh. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kemensos bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meluncurkan Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan (Warung) NKRI.

Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat mengatakan gagasan Warung NKRI yang bertempat di Sentra Kreasi Atensi (SKA) Balai Tan Miyat Bekasi sejalan dengan upaya pemerintah menanggulangi tumbuhnya radikalisme.

SKA digagas Menteri Sosial Tri Rismaharini karena masih banyak masyarakat dalam status prasejahtera.

“Mereka ada di kolong jembatan, rumah kumuh, dan pinggir kali. Dalam keseharian mereka seringkali menggelandang, menjadi pemulung, dan tinggal di gerobak. Semua ini nyata dan masih kita lihat," ujar Harry melalui keterangan tertulis, Senin (16/8/2021).

"Mereka yang membuka usaha di sini adalah kelompok marjinal yang dijemput Mensos untuk mendapatkan rehabilitasi sosial, psikologis dan juga kewirausahaan," tambah Harry.

Baca juga: Kemenag dan Kemensos Padankan Data Siswa Madrasah Penerima Program Indonesia Pintar

Berdasarkan perspektif Kemensos, Harry mengungkapkan bahwa kemiskinan dapat menempatkan seseorang rentan terpapar paham intoleran dan radikal.

BERITA REKOMENDASI

Meskipun kemiskinan bukan satu-satunya faktornya.

SKA, kata Harry, didirikan untuk mengubah pemahaman bahwa balai di Kemensos tidak hanya untuk mengubah sikap dan perilaku penerima manfaat.

Baca juga: Kemensos Perbaiki Data Penyandang Disabilitas yang Terdampak Covid-19

“Ibu Mensos menekankan kepada kami, agar balai juga menjadi wadah untuk memastikan penerima manfaat dapat hidup sejahtera secara mandiri dengan membina kesehatan mental, jasmani dan rohani mereka," tutur Harry.

Pendirian SKA, menurut Harry, merupakan bagian dari upaya memberikan kehidupan yang lebih baik kepada penerima manfaat secara menyeluruh.

Sementara itu, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan kemajuan teknologi informasi tidak hanya memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Namun, menjadi ancaman karena menjadi wahana bagi penyebaran ideologi radikal.

“Dengan istilah warung identik dengan tempat dimana masyarakat biasa berkumpul dan berdiskusi. Tokoh masyarakat, kaum intelektual di Bekasi dan sekitarnya bisa memperkuat nilai luhur bangsa yang menjaga keberagaman di warung ini. Di sini bisa menjadi ajang obrolan santai mempertajam dan meneguhkan sikap kebangsaan,” kata Boy.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas