Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pemilu 2024

IPI Sebut Jokowi Bersama Prabowo ke Kaltim Kuatkan Pertanda Koalisi untuk 2024

kunjungan Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bisa bermakna ganda dalam kacamata politik.

IPI Sebut Jokowi Bersama Prabowo ke Kaltim Kuatkan Pertanda Koalisi untuk 2024
Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) untuk melakukan kunjungan kerja, Selasa (24/8/2021). Jokowi saat berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute Karyono Wibowo menilai kunjungan Presiden Jokowi ke Kalimantan Timur bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bisa bermakna ganda dalam kacamata politik.

Menurutnya, sudah dua kali Jokowi mengajak Prabowo ke pulau Kalimantan dalam rangka kunjungan kerja.

"Pada Juli 2020 Jokowi mengajak Prabowo sebagai menhan meninjau Food Estate di Kalimantan Tengah. Konteks kunjungan tersebut dalam rangka mewujudkan proyek lumbung pangan untuk ketahanan dan kedaulatan pangan. Lalu kunjungan yang kedua, pada Agustus 2021 Jokowi kembali mengajak Prabowo ke Kalimantan Timur untuk meninjau proyek jalan tol," kata Karyono saat dihubungi Tribunnews, Kamis (26/8/2021).

Boleh jadi, dikatakan Karyono, dalam perspektif semiotika, pertemuan Jokowi dan Prabowo bisa dimaknai sebagai pertanda untuk menjalin koalisi pada agenda politik 2024 yang akan datang.

"Dalam dunia politik memang tidak lepas dari sebuah simbul. Meski demikian, peta pilpres 2024 masih kabur. Pelbagai hasil survei baru sekadar memberi gambaran tingkat popularitas dan elektabilitas tokoh," katanya.

Pada ujungnya, Karyono mengatakan partai politik yang menjadi penentu pasangan capres.

"Membaca peta politik 2024 ibarat permainan puzzle, masih menjadi teka-teki. Pun dalam memaknai pertemuan Jokowi-Prabowo dalam kunjungan kerja di Kalimantan Timur ibarat bermain teka-teki. Pertemuan tersebut hanya salah satu kepingan simbul atau tanda dalam permainan puzzle, belum menjadi gambar yang utuh," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung sodetan akses jalan menuju rencana ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga: Jika Duet Jokowi-Prabowo Jadi Kenyataan, SBY-JK Berpotensi Ikut Pilpres 2024

Sodetan akses tersebut berlokasi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14 yang dilewati Presiden dalam perjalanan dari Kota Samarinda ke Kota Balikpapan pada Selasa, (24/8/2021).

"Kita melihat ini lebih detail lagi karena untuk membangun ibu kota baru yang paling penting adalah infrastruktur menuju ke sana dulu untuk nanti membawa logistik," ujar Presiden dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden.

Halaman
12
Penulis: Reza Deni
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas