Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

SSS Komitmen Bantu Atasi Pencemaran Lingkungan di Kota Besar

Berawal dari diskusi kecil teman-teman dekat pada 2019, mereka memulai kegiatan resmi dengan fokus pada daur ulang.

SSS Komitmen Bantu Atasi Pencemaran Lingkungan di Kota Besar
istimewa
Di bawah inisiatif Brian Jung sebagai pemimpin SSS, mereka menyadari kota besar seperti DKI Jakarta sering mengalami banjir setiap kali hujan akibat sampah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan sosial Sahabat Sirkulasi Semesta (SSS) yang aktif mengumpulkan botol plastik membantu mengatasi masalah pencemaran lingkungan.

Berawal dari diskusi kecil teman-teman dekat pada 2019, mereka memulai kegiatan resmi dengan fokus pada daur ulang.

Di bawah inisiatif Brian Jung sebagai pemimpin SSS, mereka menyadari kota besar seperti DKI Jakarta sering mengalami banjir setiap kali hujan akibat sampah.

Pada bulan Mei, anggota SSS mengunjungi secara langsung kebun Fair Rubber yang terletak di Desa Muara 2, Jawa Barat, untuk melihat proses ekstraksi getah karet dari pohonnya.

Fair Rubber adalah proyek yang memungkinkan petani karet dan masyarakat menerima bantuan untuk memperbaiki lingkungan kerja.Selain itu, para petani muda dan anggota SSS mendapat ajakan untuk datang ke pabrik ban yang mengolah hasil dari getah karet tersebut.

Baca juga: Gandeng Brand Fashion Lokal, Andien Aisyah Hadirkan Busana Ramah Lingkungan

Getah karet alam yang dikumpulkan petani langsung diproses melalui berbagai tahap sampai akhirnya menjadi sebuah ban.

Brian Mengatakan merupakan pengalaman yang sangat menarik untuk belajar tentang bagaimana getah karet alam dikumpulkan, dan bagaimana getah tersebut dikirim ke pabrik dan di produksi menjadi ban dan juga sepertinya para petani merasakan kepuasan.

"Saya bersyukur bahwa kami telah menghabiskan waktu bersama para petani muda, mengatakan bahwa mereka merasakan imbalan besar dalam jerih payah mereka ketika mereka melihat bahwa karet yang dihasilkan oleh tangan mereka sendiri diubah menjadi ban yang digunakan oleh konsumen biasa," ujarnya saat diwawancara, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Wamen LHK: Lingkungan Baik dan Sehat adalah Hak Warga Negara

"Mereka sekaligus memperbaiki taraf hidup masyarakat sekitar melalui Fair Rubber Association, ini memberikan benefit yang sangat menguntungkan bagi kehidupan mereka," lanutnya.

Selain itu, melalui MoU dengan United Bike, SSS juga mempromosikan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan dengan membuat dan memasang collection box untuk pengumpulan ban bekas yang tidak terpakai dari sepeda dan motor.

sss lingkungan 2
Foto

Meski saat ini jadwalnya sedang tertunda selama beberapa saat karena adanya PPKM, namun collection box pertama direncanakan untuk dipasang dalam waktu dekat di store utama United Bike yang berada di Tangerang. 

Tube bekas yang sudah terkumpul akan dijual ke pabrik daur ulang ban sepeda yang selanjutnya akan diproses kembali untuk menjadi sebuah produk baru dengan kualitas terjamin untuk digunakan oleh pelanggan.

Brian menuturkan tujuan utama tim SSS adalah untuk meningkatkan kualitas hidup petani Indonesia dengan berpartisipasi dalam Fair Rubber dan daur ulang bekas ban/sepeda, botol plastik, kertas bekas sebagai usaha sosial.

"Dimulai dengan langkah kecil namun jelas dari teman-teman muda, kami berharap lebih banyak orang untuk berpartisipasi bersama," imbuh Brian.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas