Tribun

Kemenag akan Luncurkan Buku Saku Halal

Kehadiran buku saku halal ini menjadi satu upaya dalam meningkatan literasi masyarakat tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
Kemenag akan Luncurkan Buku Saku Halal
istimewa
Ilustrasi Halal 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag akan segera merilis Buku Saku Halal.

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag, A Umar, mengatakan kehadiran buku ini menjadi satu upaya pihaknya dalam meningkatan literasi masyarakat tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

"Buku saku ini membahas sejumlah topik penting tentang halal dan Jaminan Produk Halal,"kata Umar di Jakarta, dikutip dari Siaran pers, Senin, (6/9/2021).

Baca juga: Wamenag: Negara Anggota OKI Sasaran Strategis Produk Halal Nasional

Buku saku tersebut membahas sejumlah topik mulai dari konsep halal dalam Islam dan sains, urgensi mengonsumsi produk halal, regulasi tentang sertifikasi halal, dukungan pemerintah terhadap sertifikasi halal, halal sebagai global life style.

" Hingga bagaimana tata cara mendeteksi atau memastikan produk halal," kata Umar.

Buku ini diharapkan dapat meningkatkan khasanah literasi halal kita, sebagai upaya  bersama untuk terus mendorong dan menyukseskan penyelenggaraan JPH di Indonesia.

Baca juga: Majelis Ulama Rusia: Vaksin Sputnik V Halal Bagi Umat Islam

Peningkatan penguasaan literasi halal di masyarakat, menurut Umar, merupakan satu indikator penting dalam mewujudkan suksesnya penyelenggaraan JPH di Indonesia.

Terlebih, cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia telah menjadi komitmen bersama. 

"Karenanya, upaya penanaman literasi perlu dilakukan secara serius bahkan sedini mungkin, sebagai modal dasar untuk membangun ekosistem halal Indonesia yang kuat dan unggul di masa mendatang," katanya.

Baca juga: Kemenag Terbitkan Panduan PTM Terbatas untuk Madrasah dan Pesantren

Buku Saku Halal disusun hasil kerja sama BPJPH Kemenag dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Rencananya, Buku Saku Halal ini akan dirilis pada 7 September 2021 oleh  Plt Kepala BPJPH Mastuki dan Rektor UIN Surakarta Mudofir.  

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas