Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Airlangga Hartarto Terima Penghargaan dari Priyadarshni Academy, IPO: Layak Dibanggakan

Dedi melanjutkan, penghargaan yang diterima Ketua Umum DPP Partai Golkar itu membuat Indonesia dipandang harum di mata dunia internasional. 

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Airlangga Hartarto Terima Penghargaan dari Priyadarshni Academy, IPO: Layak Dibanggakan
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyatakan, penghargaan yang diberikan Priyadarshni Academy Global Award for Outstanding Contribution to National Economic Recovery untuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bisa dibaca sebagai prestasi nasional. 

Pada pelaksanaan the 37th Anniversary Global Awards Function secara virtual yang berlangsung Senin (20/9), Priyadarshni Academy menilai Airlangga Hartarto sebagai tokoh yang memberikan kontribusi besar dalam pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19, tidak hanya bagi Indonesia, turut menyentuh India. 

Komite juga menilai Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), berkontribusi besar dalam memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif, termasuk menggagas kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam menanggulangi pandemi Covid-19 berupa bantuan oksigen.

Baca juga: Pastikan Ekonomi Rakyat Tetap Bergerak, Menko Airlangga Tinjau UMKM Rumahan di Surakarta

“Apresiasi yang diterima Airlangga terkait keberhasilannya menjaga ekonomi nasional dan menangani pandemi, bukan semata soal kementerian yang ia bidangi, tetapi lebih pada keberhasilan nasional. Negara lain melihat ini sebagai hal yang luar biasa, karena tidak sedikit negara yang kesulitan,” kata Dedi kepada wartawan, Jumat (24/9/2021). 

Dampaknya, Dedi melanjutkan, penghargaan yang diterima Ketua Umum DPP Partai Golkar itu membuat Indonesia dipandang harum di mata dunia internasional. 

“Ini tentu saja menjadikan Indonesia semakin harum di dunia internasional. Jadi bukan sekadar Airlangga Hartarto dan kementeriannya,” ucap Dedi. 

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, Dedi menilai penghargaan tersebut membuat masyarakat semakin melihat Airlangga sebagai tokoh yang layak diandalkan. 

"Jika dalam kondisi sulit berhasil survive, tentu menjadi bukti kepemimpinan Airlangga dalam bidang ekonomi cukup mumpuni,” ujar Dedi.

Baca juga: Menko Airlangga: Penonton Boleh Hadir Pada PON XX Papua, Kapasitas 25 % dan Vaksin Lengkap

Karenanya, kata Dedi, sudah waktunya Indonesia memiliki tawaran tokoh yang tidak saja populer, tapi benar-benar memiliki kapasitas kepemimpinan nasional yang baik. 

“Airlangga dengan banyak catatan prestasinya, masuk kategori tokoh tersebut,” kata Dedi. 

Merespons apresiasi dan penghargaan internasional, Airlangga tak lantas besar hati. “Penghargaan ini ditujukan untuk seluruh rakyat Indonesia yang saat ini sedang berjuang memulihkan situasi ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” ucapnya. 

Di sisi lain, Airlangga menyatakan, penghargaan tersebut merupakan suatu pengakuan atas hadirnya Kemenko Perekonomian dalam ikhtiar menjawab tantangan pandemi Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas