Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penyerangan Ulama

Polri: OTK Serang Ustaz Abu Syahid Chaniago Diduga ODGJ Selama 3 Tahun

Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan Orang Tak Dikenal (OTK) yang menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) selama 3

Polri: OTK Serang Ustaz Abu Syahid Chaniago Diduga ODGJ Selama 3 Tahun
WARTAKOTA/Henry Lopulalan
Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan saat jumpa pres penagkapan mantan Sekretaris Umum FPI Munarman di Polda Metrojaya, Selasa(27/4/2021). Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan penangkapan Munarman terkait dengan dugaan keterlibatan dengan aksi-aksi terorisme yang terjadi di sejumlah tempat beberapa waktu lalu. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan Orang Tak Dikenal (OTK) yang menyerang Ustaz Abu Syahid Chaniago diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) selama 3 tahun.

Ramadhan menyampaikan pelaku berinisial H. Dia pernah menjadi ODGJ berdasarkan catatan medis di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Banda Aceh.

"Yang bersangkutan setelah ditelusuri atas nama inisial H adalah pernah mengidap penyakit jiwa atau istilahnya ODGJ selama 3 tahun dan catatan medis di rumah sakit jiwa Banda Aceh," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Ramadhan menerangkan pelaku memang telah keluar masuk RSJ selama tiga tahun terakhir.

Hal ini juga telah dikonfirmasi berdasarkan keterangan kakak kandung dan kakak iparnya.

"Sering keluar masuk di RSJ di Banda Aceh dan juga dikuatkan dengan keterangan langsung dari kakak kandungnya atas nama N dan juga kakak iparnya bahwa pelaku adalah orang yang pernah mengidap penyakit jiwa," jelasnya.

Baca juga: Detik-detik Penembakan Ustaz Terekam CCTV, Terduga Pelaku Mondar-mandir Depan Rumah Korban

Lebih lanjut, Ramadhan menyampaikan penyidik juga tengah melakukan pemeriksaan psikologi terhadap pelaku.

Pemeriksaan ini sebagai pembanding dengan keterangan saksi dan fakta pelaku pernah masuk ke RSJ.

"Kita akan melakukan pemeriksaan terus. Hasil pemeriksaan psikis dari pada ahli psikologi Polda pun melihat ada gangguan. Tentu sebagai pembanding, kita akan memanggil saksi-saksi ahli. Tentu dari luar internal kepolisian. Jadi dugaan sementara kejadian yang terjadi di masjid Baitusyakur Batam diduga oleh ODGJ," tukasnya.

Sebagai informasi, Ustaz Abu Syahid Chaniago diserang oleh orang tidak dikenal saat tengah mengisi ceramah di Masjid Baitusyakur di Batam pada 20 September 2021 lalu.

Saat tengah berceramah, tiba-tiba OTK yang belakangan diketahui berinisial H menyerang Ustaz Syahid dengan tangan kosong. Pelaku diamankan oleh jemaah dan dibawa ke Polresta Barelang.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas