Tribun

Wakil Ketua DPR RI dari Golkar

Lodewijk F Paulus Resmi Jabat Wakil Ketua DPR RI 

Lodewijk F. Paulus resmi menjabat posisi Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin melalui Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (30/9/2021). 

Penulis: chaerul umam
Editor: Theresia Felisiani
Lodewijk F Paulus Resmi Jabat Wakil Ketua DPR RI 
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Lodewijk F. Paulus resmi menjabat posisi Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lodewijk F. Paulus resmi menjabat posisi Wakil Ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin

Pengesahan tersebut diambil melalui Rapat Paripurna DPR RI pada Kamis (30/9/2021). 

Awalnya, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan,  pimpinan DPR RI telah menerima surat dari DPP Partai Golkar persetujuan pergantian antar waktu pimpinan DPR RI dari Partai Golkar sisa masa jabatan 2019-2024 dan surat dari Fraksi Golkar. 

Baca juga: Harta Kekayaan Lodewijk Paulus sang Wakil Ketua DPR Baru: Capai Rp12 M, Miliki Moge Harley Davidson

Lalu Puan meminta persetujuan dalam rapat untuk memberhentikan Azis Syamsuddin dan menetapkan Lodewijk sebagai pimpinan DPR RI pengganti Azis. 

"Kami menanyakan kepada seluruh perserta sidang apakah saudara Haji Lodewijk F Paulus dapat ditetapkan sebagai Wakil ketua DPR RI, apakah dapat disetujui?," tanya Puan. 

"Setuju," jawab peserta rapat. 

Setelah itu, upacara pengangkatan Lodewijk sebaga Wakil Ketua DPR digelar dan pengambilan sumpah jabatan sebagai pimpinan DPR dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin. 

Lodewijk F Paulus
Lodewijk F Paulus (Tribunnews.com/ Taufik Ismail)

Berikut pernyataan Lodewijk saat diambil sumpah sebagai pimpinan DPR RI.

Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil Ketua DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD tahun 1945. 

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dan daripada kepentingan pada pribadi, seseorang dan golongan. 

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasioanal demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas