Tribun

Sabam Sirait Meninggal Dunia

Usai Disemayamkan di MPR RI, Jenazah Sabam Sirait Diberangkatkan ke TMP Kalibata

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan rasa duka mendalam atas wafatnya Sabam Sirait.

Penulis: chaerul umam
Editor: Hendra Gunawan
Usai Disemayamkan di MPR RI, Jenazah Sabam Sirait Diberangkatkan ke TMP Kalibata
Chaerul Umam/tribunnews.com
Jenazah almarhum anggota DPD RI Sabam Sirait diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan usai disemayamkan di MPR dan DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (3/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenazah almarhum anggota DPD RI Sabam Sirait diberangkatkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan usai disemayamkan di MPR dan DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (3/10/2021).

Pantauan Tribunnews.com di lokasi, jenazah diberangkatkam ke TMP sekira pukul 16.25 WIB

Sebelumnya, dalam upacara persemayaman di Kompleks Parlemen, Wakil Ketua DPD RI Mahyudin, bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan rasa duka mendalam atas wafatnya Sabam Sirait.

Baca juga: Jenazah Sabam Sirait akan Dimakamkan Sore Ini di TMP Kalibata

"Kami segenap pimpinan DPD dan anggota DPD RI menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian salah satu senator terbaik kami politikus dan negarawan Bapak Sabam Sirait," kata Mahyudin.

Sementara itu, mewakili pimpinan MPR, Ahmad Basarah menyatakan bahwa Sabam Sirait layak menjadi sumber inspirasi bagi para politisi muda.

Sebab, pengalaman Sabam dalam dunia politik di Indonesia sejak presiden pertama hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tak banyak tokoh nasional hampir di seluruh babak sejarah lahirnya Republik Indonesia, almarhum telah berpolitik bersama tujuh presiden dari Presiden Soekarno, Soeharto, Habibie, Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan saat ini Presiden Joko Widodo," ujar Basarah.

Baca juga: Basarah dan Zulhas Sebut Sabam Referensi dan Mentor Politik

Pihak keluarga yang diwakili menantu almarhum Sabam Sirait, Putra Nababan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada almarhum Sabam Sirait.

Putra Nababan juga menyampaikan bahwa tugas Sabam Sirait yang pernah menjadi bagian dari DPR, DPD, dan MPR kini telah usai.

Semasa hidupnya, lanjut Putra, Sabam selalu memperjuangkan apa yang menjadi hak rakyat.

"Selain itu, beliau juga sosok yang berani menyampaikan kebenaran, dan juga beliau menyebut bahwa politik itu adalah suci," ucap Putra.

Baca juga: Jokowi Melayat ke Rumah Duka Almarhum Sabam Sirait

Diketahui, Politisi senior yang juga pendiri PDI Perjuangan Sabam Sirait meninggal dunia, Rabu malam (29/9/2021).

Ayah politisi Maruarar Sirait dikabarkan tutup usia di umur 85 tahun di RS Siloam Karawaci pada pukul 22.37 WIB.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga Bapak Sabam Sirait (Ompung Marsahala Doli) (Usia 85 tahun) Rabu 29 September 2021 pukul 22.37 WIB di RS Siloam Karawaci," tulis keterangan yang diterima redaksi.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas