Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menko Airlangga Dorong Monash University Indonesia Cetak Generasi Muda Berdaya Saing Internasional

Airlangga Hartarto mendorong Monash University Indonesia dapat mencetak generasi muda Indonesia berdaya saing internasional.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Menko Airlangga Dorong Monash University Indonesia Cetak Generasi Muda Berdaya Saing Internasional
HandOut/IST
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong Monash University Indonesia dapat mencetak generasi muda Indonesia berdaya saing internasional.

“Pendidikan yang baik, yang dapat diperoleh dari institusi pendidikan berskala internasional dapat membentuk generasi muda Indonesia menjadi generasi yang tangguh, berdaya saing tinggi dengan pengetahuan dan ilmu mumpuni untuk bersaing menghadapi persaingan atau kompetisi global,” ujar Airlangga, Selasa (5/10/2021).




Airlangga yang juga merupakan lulusan Monash University mengatakan, perkembangan teknologi di era industri 4.0 telah memaksa semua negara berlomba menyiapkan sumber daya manusia yang terampil dan menguasai dunia digital.

Pemerintah, kata Airlangga, akan terus menyediakan pelatihan kepada lebih dari 600 ribu talenta digital setiap tahunnya untuk mempersiapkan Indonesia menjadi negara dengan produk domestik bruto (PDB) terbesar ke-5 di dunia.

Baca juga: Jadi Tumpuan Utama, Menko Airlangga Dorong KUR untuk Sektor Pertanian dan Perikanan Provinsi Maluku

“Kita memasuki yang membutuhkan talenta digital luar biasa, dari mulai data analyst, artificial intelligence and machine learning specialists, developer dan lainnya. Indonesia diperkirakan akan membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital dalam waktu 15 tahun yang akan datang,” katanya.

Rektor Monash University Indonesia, Professor Andrew MacIntrye menyampaikan, kehadiran kampus Monash University di Indonesia diharapkan dapat berkontribusi secara luas terhadap pembangunan di bidang sosial, teknologi, dan ekonomi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

“Kehadiran kampus Monash University Indonesia akan semakin memperkuat komitmen dan hubungan riset pendidikan antara Australia dan Asia,” ujar Andrew.

Baca juga: Pengamat Nilai Safari Politik Airlangga Hartarto Demi Membaca Peluang Koalisi

Diketahui saat ini ada empat jurusan program pasca sarjana yang dibuka pada kampus ini, yaitu Sains Data (Data Science), Kebijakan Publik (Public Policy), Desain Perkotaan (Urban Design) dan Inovasi Bisnis (Business Innovation).

Monash University Indonesia sudah memulai membuka pendaftaran untuk mahasiswa tahun ajaran 2022, dan berencana menampung 2 ribu mahasiswa setiap tahunnya.

Monash University merupakan salah satu universitas terbesar di Australia yang telah beroperasi sejak tahun 1958.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas