Tribun

Presiden Jokowi Akan Perintahkan Perusahaan Tambang BUMN dan Swasta Mulai Masuk Hilirisasi

Jokowi akan memerintahkan perusahaan tambang dan Minerba baik itu BUMN maupun swasta agar mulai masuk ke tahap hilirisasi.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
Presiden Jokowi Akan Perintahkan Perusahaan Tambang BUMN dan Swasta Mulai Masuk Hilirisasi
Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertema pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau tepatnya di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memerintahkan perusahaan tambang dan Minerba baik itu BUMN maupun swasta agar mulai masuk ke tahap hilirisasi.

Hal itu disampaikan Presiden saat melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertema pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau tepatnya di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (12/10/2021).

"Saya akan perintah satu per satu perusahaan apapun swasta maupun BUMN yang berkaitan dengan tambang, Minerba untuk masuk ke hilirisasi," kata Jokowi.

Tujuannya kata Presiden agar komoditas tambang atau minerba yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dibandingkan hanya mengekspor dalam bentuk mentah atau row material.

"Tidak kirim mentahan, tidak kirim dalam bentuk row material. Sehingga memberikan nilai tambah bagi negara artinya akan memberikan income yang lebih tinggi pada negara," katanya.

Baca juga: Abraham Hutapea Mohon Jokowi Selamatkan Nasib Peternak Ayam

Pemerintah kata Presiden terus berusaha agar komoditas tambang atau Minerba yang ada di Indonesia memiliki nilai tambah. Salah satunya dengan membangun smelter di Gresik.

"Ini adalah sebuah kebijakan strategis terkait dengan industri tambang, tembaga setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport dan saat itu juga kita mendorong agar freeport membangun smelter di dalam negeri," katanya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas