Tribun

Virus Corona

Menkes Perkirakan 59% Masyarakat Terima Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap Hingga Akhir Tahun Ini

Selain itu, target 2 juta suntikan per hari telah 6 kali ditembus yaitu, pada tanggal 22, 23, 29, dan 30 September.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
Menkes Perkirakan 59% Masyarakat Terima Vaksin Covid-19 Dosis Lengkap Hingga Akhir Tahun Ini
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
VANSINASI PELAJAR - Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi pelajar SD usia 12 tahun di SD Negeri Darussalam, Batuceper, Senin (18/10/2021). Kegiatan ini sebagai langkah mencegah penularan virus Covid-19 pada pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang akan digelar pada pekan mendatang. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memprediksi pada akhir tahun ini suntikan vaksinasi Covid-19 di Indonesia mencapai 300 juta dosis untuk dosis pertama dan 162 juta dosis untuk dosis lengkap.

Artinya sekitar 80,5 persen warga telah menerima vaksin dosis satu dan 59 persen menerima dosis kedua dari target sebanyak 208,5 juta sasaran vaksinasi.

Hal itu disampaikan Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10/2021).

Pihaknya optimis mencapai target tersebut, lantaran sampai hari ini capaian vaksinasi di RI telah menyentuh angka 172 juta dosis.

"Kita hampir 52 persen dari target yabg ada (208,5 juta orang). Sebanyak 108 juta rakyat Indonesia sudah mendapatkan akses ke vaksinasi dosis pertama dan 63 juta sudah mendapatkan akses vaksinasi lengkap atau 2 dosis," terang mantan wamen BUMN ini.

Baca juga: Cara Daftar Vaksinasi Online Melalui PeduliLindungi, Loket.com, JAKI dan Cari Lokasi Vaksin Terdekat

Selain itu, target 2 juta suntikan per hari telah 6 kali ditembus yaitu, pada tanggal 22, 23, 29, dan 30 September.

Kemudian di Oktober pada tanggal 13 Oktober dan 14 Oktober kemarin.

"Diperkirakan sampai dengan akhir tahun kita bisa mencapai mendekati 300 juta suntikan dan 168 juta rakyat kita sudah bisa suntikan dari target 208 juta atau 80,5% bisa mendapatkan akses ke suntikan pertama. Dan kita perkirakan juga untuk dosis kedua atau vaksinasi lengkap bisa menyentuh angka 122 juta orang atau sekitar 59% dari target populasi kita sebanyak 208 juta orang yang diatas 12 tahun," ujar Budi.

Menurut Budi, Presiden Joko Widodo terus meminta agar vaksinasi dipercepat terutama ibukota-ibukota provinsi yang capaian vaksinasinya masih rendah.

Kemudian juga ada beberapa kota-kota yang padat penduduknya.

"Juga daerah yang akan mengadakan acara-acara besar seperti di Mandalika," ungkap Menkes Budi.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas