Tribun

Tak Hanya Jokowi, Pimpinan DPR juga Dukung BUMN yang Sakit Ditutup: Hanya Jadi Beban Negara

Ketua DPR RI Puan Maharani dukung Presiden Jokowi tutup perusahaan BUMN yang sakit: Hanya Jadi Beban Negara.

Penulis: Shella Latifa A
Editor: Tiara Shelavie
Tak Hanya Jokowi, Pimpinan DPR juga Dukung BUMN yang Sakit Ditutup: Hanya Jadi Beban Negara
dok. DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo  (Jokowi) jengkel ada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tak berkembang, beberapa waktu lalu.

Menurut Jokowi, BUMN harus segera go international dengan melakukan adaptasi model bisnis era kini, seiring perkembangan teknologi hingga dampak kondisi pandemi Covid-19.

Ia bahkan tak segan-segan mengancam untuk menutup BUMN yang tak menunjukkan arah perbaikan.

"Jadi kalau saudara tidak merespon, dengan adaptasi tidak cepat-cepatnya. Kalau pak Menteri (Erick Thohir) sampaikan kepada saya. Pak ini ada perusahaan seperti ini, kondisinya BUMN."

"Kalau saya, langsung tutup saja. Enggak ada selamat-selamatin kalau sudah kayak gini," tegas Jokowi saat pertemuan dengan para Direktur Utama BUMN, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Jokowi Minta Pembukaan Penerbangan Internasional Dievaluasi Rutin

Kegeraman Jokowi itu pun didukung oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Puan menilai, perusahaan BUMN yang sakit itu tetap sulit pulih meskipun banyak menerima modal dari APBN dalam bentuk Penyertaan Modal Negara (PMN).

Sehingga, menurut dia, BUMN yang tak memberikan manfaat pada masyarakat lebih baik ditutup.

"BUMN-BUMN yang tidak berdaya guna dan cenderung menghabiskan uang rakyat memang lebih baik ditutup karena hanya menjadi beban negara,” kata Puan, Senin (18/10/2021, dikutip dari laman dpr.go.id.

Diketahui, dalam pengarahan kepada jajaran dirut BUMN, Jokowi juga menyoroti perusahaan plat merah yang sering mendapat suntikan PMN, tetapi tak segera berbenah memperbaiki kondisi perusahaan.

Ketua DPR RI Puan Maharani ketika meninjau vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (25/9/2021).
Ketua DPR RI Puan Maharani ketika meninjau vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (25/9/2021). (Vincentius Jyestha)

Baca juga: Menteri BUMN Bersama IndiHome Semangati Komunitas di Papua

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas