Tribun

2 Tahun Jokowi & Maruf Amin

BRIN Prediksi Kontestasi Pilpres 2024 Lebih Merata dan Bermunculan Aktor Baru

(BRIN) menyebut situasi demokrasi ilusi kemungkinan akan berubah pascakepemimpinan Presiden Joko Widodo berakhir pada tahun 2024.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
BRIN Prediksi Kontestasi Pilpres 2024 Lebih Merata dan Bermunculan Aktor Baru
Ist.
Prof. Dr. Firman Noor 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut situasi demokrasi ilusi kemungkinan akan berubah pascakepemimpinan Presiden Joko Widodo berakhir pada tahun 2024.

Kepala Pusat Riset Politik BRIN, Firman Noor mengatakan hal itu bisa terjadi karena kontestasi politik tahun 2024 khususnya Pilpres, kemungkinan bakal lebih merata.

Regrouping politik akan menjadi lebih seragam, dan sosok - sosok baru akan bermunculan.

"Tahun 2024 mungkin situasi berbeda karena mungkin akan muncul kontestasi yang lebih merata, dan regrouping politik akan lebih beragam. Sehingga akan muncul sosok baru dan karakteristik baru," kata Firman dalam diskusi daring 'Setelah 2 Tahun Jokowi-Maruf: Pandemi, Legasi dan Tahun Politik', Jumat (22/10/2021).

Dengan demikian, ia mengira ajang pemilihan presiden di tahun 2024 akan menjadi ajang Pemilu yang lebih demokratis karena aktor yang bersaing lebih banyak.

Baca juga: BRIN: Demokrasi Ilusi Akan Terus Berlangsung Selama Jokowi Memerintah, DPR Kurang Kritis

"Sehingga mungkin ke depannya di 2024 situasi Indonesia akan lebih demokratis karena aktor - aktor yang bersaing akan lebih banyak," terangnya.

Namun situasi di tahun 2024 itu tidak bisa dipastikan.

Mengingat adanya kebiasaan perpolitikan tanah air di mana pertarungan politik yang demokratis hanya ramai saat kampanye.

Tapi ketika pemerintahan sudah terbentuk, situasi demokratis tersebut bisa saja kembali seperti saat pemerintahan Jokowi, yakni adanya demokrasi ilusi.

"Tapi kita tidak bisa pastikan itu mengingat ada kebiasaan bahwa pertarungan hanya ramai saat kampanye. Tapi setelah pemerintahan bisa lain lagi," pungkas Firman.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas