Tribun

Pelantikan Calon Dubes RI Menyesuaikan dengan Jadwal Presiden Jokowi

Faizasyah tidak bisa memastikan kapan waktu pelantikan para Dubes yang telah memperoleh persetujuan atau agreement dari negara penempatan.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
Pelantikan Calon Dubes RI Menyesuaikan dengan Jadwal Presiden Jokowi
KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM
Nama Fadjroel Rachman, Arrmanatha Nasir, Rosan Roeslani hingga Zuhairi Misrawi santer terdengar akan menjadi duta besar RI. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pelantikan calon Duta Besar Indonesia (Dubes RI) yang telah dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Juli lalu oleh Komisi I DPR RI akan mengikuti jadwal Presiden Joko Widodo.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Teuku Faizasyah mengatakan mengenai waktu pelantikan menjadi kewenangan pihak Istana Kepresidenan.

Sehingga dia tidak bisa memastikan kapan waktu pelantikan para Dubes yang telah memperoleh persetujuan atau agreement dari negara penempatan.

"Pelantikan calon Dubes yang telah memperoleh persetujuan (agreement) dari negara yang dituju tentunya akan mengikuti jadwal Bapak Presiden," kata Faizasyah kepada Tribunnews, Jumat (22/10/2021).

Menurutnya penentuan jadwal menjadi kewenangan Istana Kepresidenan.

Baca juga: Komisi I DPR Bakal Bawa Hasil Fit and Proper Test Calon Dubes ke Rapat Paripurna

"Kewenangannya untuk memastikan di Istana, akan lebih baik bila ditanyakan ke Jubir Presiden atau ke Mensesneg," lanjutnya.

Sebelumnya Jubir membenarkan akan ada pelantikan beberapa Dubes yang telah memperoleh persetujuan dari negara yang diakreditasikannya.

Pada tanggal 12-14 Juli 2021, telah dilakukan uji kelayakan terhadap 33 calon Dubes RI oleh Komisi I DPR RI yang digelar dalam beberapa sesi.

Nama Fadjroel Rachman, Arrmanatha Nasir, Rosan Roeslani hingga Zuhairi Misrawi santer terdengar.

Dalam Surat Presiden (Surpres) Nomor R/19/Pres/04/2021 tertanggal 29 April yang dikirim ke DPR ada sekira 33 calon nama Dubes RI yang tertuang.

Pengiriman surpres tersebut dibacakan dalam rapat paripurna DPR pada 20 Mei 2021.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas