Tribun

Anggota DPR Ajak Mahasiswa Aktif Kawal Penyusunan UU

Anggota DPR RI Fraksi PKB Nur Yasin menjelaskan sudah saatnya mahasiswa berpartisipasi aktif di dalam pengawalan penyusunan UU.

Editor: Malvyandie Haryadi
Anggota DPR Ajak Mahasiswa Aktif Kawal Penyusunan UU
istimewa
Anggota DPR RI Fraksi PKB Nur Yasin menjelaskan sudah saatnya mahasiswa berpartisipasi aktif di dalam pengawalan penyusunan Undang-Undang yang sedang dibahas di DPR. 

Nur Yasin Ajak Mahasiswa Aktif Kawal Penyusunan UU

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI Fraksi PKB Nur Yasin menjelaskan sudah saatnya mahasiswa berpartisipasi aktif di dalam pengawalan penyusunan Undang-Undang yang sedang dibahas di DPR.

Hal itu disampaikannya dalam Webinar yang di selenggarakan oleh BEM FISIP Universitas Jember bertajuk "Spirit Revivalis Untuk Membangkitkan Peran Mahasiswa Dalam Dunia Legislasi Guna Mewujudkan Bangsa Yang Berkemajuan", 

"Mahasiswa juga harus aktif memberi gagasan dan opini ke pada DPR. Hal ini dikarenakan mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan Indonesia yang akan menjalankan UU tersebut," katanya, Minggu (24/10/2021).

Dalam materinya Nur Yasin juga menjelaskan proses penyusunan Undang-Undang dengan detail, bahkan dalam perjalanannya juga tak jarang mendapat tekanan dari pihak-pihak eksternal yg berkepentingan.

Di sinilah dibutuhkan Anggota Dewan yang berintegritas.

Baca juga: Anggota DPR Apresiasi KSP Moeldoko: Dengarkan Aspirasi Mahasiswa Bagian dari Demokrasi

"Makanya adik-adik mahasiswa harus mempersiapkan mental sebaik mungkin bila ada yang bercita-cita menjadi anggota DPR," ujar Nur Yasin.

Webinar ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari Mahasiswa UNEJ dan Kampus lainnya di Jawa Timur.

Di akhir paparannya, Anggota Dewan dari DAPIL IV Jatim ini menyarankan agar UNJEJ membuat miniatur DPR Kampus.

Bisa melalui Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) yang dilengkapi Komisi-komisi dan Alat Kelengkapan Dewan persis seperti di Parlemen Senayan.

"Harapannya mahasiswa bisa belajar lebih mendalam tentang dunia Parlemen," pungkasnya.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas