Tribun

Menteri Agama Minta Para Rektor PTKIN Dukung Dunia Riset

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta agar penelitian di perguruan tinggi terus diperluas.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Menteri Agama Minta Para Rektor PTKIN Dukung Dunia Riset
Tribunnews.com/ Dennis Destryawan
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas konferensi pers sidang isbat penetapan 1 Zulhijah dan Idul Adha 1442 Hijiriah, secara daring Sabtu (10/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta agar penelitian di perguruan tinggi terus diperluas.

Yaqut meminta para rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) untuk mendukung riset yang dijalankan di kampusnya.

"Saya meminta kepada para rektor, ketua PTKIN, untuk mendukung penuh kegiatan akademik, penelitian perguruan tinggi," kata Yaqut dalam acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), Senin (25/10/2021).

Menurut Yaqut, akses terhadap riset harus diberikan secara merata kepada seluruh civitas akademika.

Seluruh sivitas akademika, baik dosen maupun mahasiswa harus memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan penelitian.

"Sehingga dunia riset kita berkembang dengan baik dan menjadi andalan dalam pertimbangan kebijakan publik," tutur Yaqut.

Baca juga: Klarifikasi Menteri Agama Yaqut Soal Pernyataan Kemenag Adalah Hadiah untuk NU

Dia juga berharap agar hasil penelitian kampus itu dapat berguna di masyarakat. Kampus tidak boleh menjadi menara gading.

"Hasil-hasil riset itu sudah selayaknya menjadi asupan gisi masyarakat yang ditunggu stakeholder yang akan memanfaatkannya," tutur Yaqut.

Saat ini Indonesia tengah menghadapi revolusi industri 4.0.

Pada era ini, Yaqut mengatakan kebutuhan manusia yang serba digital akan terus meningkat.

"Maka kebutuhan insan kampus yang inovatif dan kreatif adalah sebyah keniscayaan. Bangsa ini perlu gagasan segar untuk perubahan yang lebih baik dengan karya yang bermutu," pungkas Yaqut.
 

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas