Tribun

Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut Tips Bimbel SKB CPNS

Dalam tes SKB CPNS pertanyaan-pertanyaan berisi tentang mengenal jabatan serta keterampilan sesuai dengan formasi yang diambil.

Editor: Content Writer
Ingin Lolos Tes CPNS? Berikut Tips Bimbel SKB CPNS
Istimewa

TRIBUNNEWS.COM - Apa yang Anda pikirkan mendengar kata CPNS? Ya, CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. CPNS merupakan para calon pegawai baru yang telah lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama. Agar bisa lolos tes CPNS harus banyak berlatih soal. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas mengenai Bimbel SKB CPNS.

Sebelum membahas tentang bimbel SKB CPNS, alangkah baiknya memahami lebih dalam mengenai CPNS sendiri. Ketika memiliki status sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), belum memiliki kewajiban sebagai Pegawai Negeri Sipil yang akan mendapatkan gaji sebesar 100%. Akan tetapi akan mendapatkan 80% sesuai dengan SK CPNS.

SK CPNS tersebut sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Ketika seseorang berstatus sebagai CPNS, kompetensi serta kinerjanya akan dilihat dan dinilai sesuai dengan formasi ketika dinyatakan lulus seleksi CPNS. Apabila belum memenuhi kriteria tahap kedua ini, maka status sebagai calon dapat ditunda dengan ketentuan waktu tertentu.

Seleksi CPNS juga mengenal SKB CPNS. SKB merupakan seleksi tahap tiga yang akan dilalui oleh calon pegawai. Lebih jelasnya, dalam seleksi tes masuk PNS atau biasa disebut dengan tes CPNS terdapat tiga tahap seleksi, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar atau SKD dan yang terakhir adalah seleksi kompetensi bidang atau SKB.

Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB merupakan tahap penentu apakah Anda diterima sebagai PNS resmi atau belum. Pada tahap ke-tiga ini, Anda akan diuji sesuai dengan kompetensi bidang yang dimiliki. Sebagai nilai utamanya adalah, apakah kemampuan yang dimiliki sesuai dengan formasi yang diambil atau tidak.

Tes SKD CPNS yang mengasah kemampuanmu dalam menguasai ilmu pengetahuan umum serta mengasah intelegensia. Sedangkan, dalam tes SKB CPNS pertanyaan-pertanyaan berisi tentang mengenal jabatan serta keterampilan sesuai dengan formasi yang diambil.

Tips Lolos SKB CPNS

Ketika tes SKD CPNS, pasti hal-hal yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan materi yang akan diujikan, mengatur waktu belajar, rajin berlatih soal-soal, serta mempelajari kisi-kisi tes CPNS. Akan tetapi berbeda lagi dengan tes SKB. Apa sih perbedaannya? Yuk! Simak paparan berikut.

Pasti banyak dari Anda yang masih kebingungan dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi SKB CPNS. Apabila tahapan dari SKB tersebut melalui CAT, maka materi soal yang akan diujikan pasti berhubungan dengan formasi serta instansi yang dilamar. Anda fokuskan saja mempelajari kisi-kisi soal CAT SKB sesuai dengan posisi yang dilamar.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah, formasi dalam CPNS terbagi menjadi dua, yaitu JF atau Jabatan Fungsional dan JP atau Jabatan Pelaksana. Sebagai contoh, apabila Anda melamar di Kementerian Pertanian, yang termasuk jabatan fungsional adalah, analisis ketahanan pangan, arsiparis, auditor, peneliti, dan masih banyak lagi.

Sedangkan JP atau Jabatan Pelaksana dalam Kementan antara lain, seperti analisis pembiayaan, analisis alat dan mesin,penata laporan keuangan, dan masih banyak lagi. Baik JF maupun JP diatur di dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Tips yang bisa Anda ikuti selanjutnya adalah mengikuti bimbel SKB CPNS. Untuk mengetahui rekomendasi bimbel CPNS, maka perlu melihat bagaimana review bimbel CPNS tersebut.

Keuntungan Mengikuti Bimbel SKB CPNS

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan ketika Anda memutuskan untuk mengikuti bimbel SKB CPNS. Diantaranya adalah, memperkaya informasi dan pengetahuan, serta mendapatkan pengajar yang berpengalaman.

Masa pandemi seperti ini pasti akan sulit untuk mengikuti bimbel SKB CPNS secara offline. Akan tetapi jangan khawatir, sekarang ada Bimbel SKB CPNS online dengan formasi pranata komputer, auditor, pengadaan barang dan jasa, perawat, bidan, dokter umum, dokter gigi. Ingin lolos tes CPNS? Yuk ikut bimbel SKB CPNS di https://bisacpns.com/, banyak promo menarik loh!(*)

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas