Tribun

Kemendikbudristek: Kebudayaan Dapat Memandu Menuju Normal Baru

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan kebudayaan dapat memandu menuju kenormalan baru.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
Kemendikbudristek: Kebudayaan Dapat Memandu Menuju Normal Baru
ISTIMEWA
Kemendikbudristek pada tahun ini kembali menyelenggarakan dalam peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid mengatakan kebudayaan dapat memandu menuju kenormalan baru.

Menurutnya, kebudayaan nusantara sudah telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu.

"Kebudayaan bisa jadi pandu menuju Normal Baru. Kebudayaan Nusantara telah dihasilkan lewat praktik sosial selama ribuan tahun dan terbukti membuat kita bertahan hingga hari ini. Ke sana kita perlu menengok untuk mencari jalan keluar dari dilema hari ini,” ujar Hilmar melalui keterangan tertulis, Kamis (26/10/2021).

Kemendikbudristek pada tahun ini kembali menyelenggarakan dalam peluncuran Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini PKN akan kembali diselenggarakan secara daring dikarenakan situasi yang belum pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

Hilmar berharap penyelenggara PKN dapat menjaga semangat kebudayaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

"PKN 2021 hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup, yakni putar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan, temukan arus kebudayaan dari bawah yang akan melontarkan kita ke masa depan, maju ke cara hidup baru yang berkelanjutan," ucap Hilmar.

PKN tahun ini mengusung tema “Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan,” PKN tahun 2021.

Baca juga: BPKN Catat Total Kerugian Konsumen Capai Rp 1 Triliun Lebih Selama 6 Bulan Terakhir

Kemendikbudristek berusaha mengajak masyarakat untuk kembali mengenali jati diri dan khazanah budaya bangsa sebagai suatu aset dan mengadaptasinya dengan cara hidup yang kekinian.

Pada PKN 2021 disusun dengan berdasarkan pada Sandang, Pangan, dan Papan, sebagai hal fundamental dalam kehidupan masyarakat.

Pemilihan tema dan tujuan PKN melibatkan pakar-pakar di bidangnya seperti Samuel Wattimena (sektor Sandang), Helianti Hilman (sektor Pangan), dan Gregorius Antar Awal (sektor Papan).

Selain dihadiri dan dibuka oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, peluncuran PKN 2021 juga diramaikan oleh deretan musisi lokal favorit, yaitu Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black dan juga Alffy Rev yang rencananya akan mengiringi peragaan busana nusantara.

Baca juga: Nadiem Makarim Harap PKN Lahirkan Pemimpin Nasional yang Dorong Inovasi Dalam Pembelajaran

Penyelenggaraan PKN 2021 yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai dengan 26 November 2021, dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui berbagai platform yang telah disediakan, yakni kanal budaya Indonesiana TV di Indihome saluran 200 (SD) dan 916 (HD), laman PKN.id, dan juga kanal Youtube Budaya Saya.

Selain itu untuk kegiatan pembukaan dan penutupan dapat diakses langsung melalui TVRI.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas