Tribun

Ini 3 Kriteria Jubir Presiden Menurut Johan Budi

Johan Budi, memaparkan tiga kriteria sosok yang cocok menggantikan Fadjroel Rachman sebagai jubir presiden saat ini. 

Penulis: chaerul umam
Editor: Johnson Simanjuntak
Ini 3 Kriteria Jubir Presiden Menurut Johan Budi
Tribunnews.com/ Imanuel Nicolas Manafe
Johan Budi Sapto Pribowo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan juru bicara (jubir) Presiden Joko Widodo (Jokowi) Johan Budi, memaparkan tiga kriteria sosok yang cocok menggantikan Fadjroel Rachman sebagai jubir presiden saat ini. 

Diketahui, jubir Presiden Jokowi kini kosong setelah ditinggalkan Fadjroel Rachman yang dilantik menjadi Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan dan Tajikistan, pada Senin, (25/10/2021).   

Pertama, menurut Johan, seorang jubir tak boleh memiliki kepentingan pribadi. 

Jubir harus paham bahwa pernyataannya mewakili keinginan Kepala Negara. 

"Dia harus paham bahwa dia adalah juru bicara Pak Jokowi, sehingga setiap perkataan yang dia sampaikan ke masyarakat melalui media itu adalah suaranya Pak Jokowi karena dia adalah jubirnya Pak Jokowi," kata Johan saat dihubungi Tribunnews, Rabu (27/10/2021). 

Baca juga: Gerindra sebut Sosok Jubir Presiden Harus Komunikatif, Smart dan Energik

Kedua, jubir harus bisa berinteraksi langsung dengan Presiden Jokowi, tidak melalui orang lain. 

"Jadi dia harus bisa berkomunikasi langsung karena setiap persoalan itu dinamis. Dia harus tahu betul apa sikap atau kemauan Pak Jokowi terkait dengan satu persoalan, misalnya yang terkait dengan kinerja atau terkait dengan Pak Presiden Jokowi," ujarnya. 

Ketiga, lanjut Johan Budi, seorang jubir harus bertanggung jawab langsung kepada presiden dan tak boleh ada hambatan saat berkomunikasi dengan presiden. 

"Maksud saya dia harus langsung bertanggung jawab ke Pak Jokowi tidak punya atasan lain," pungkas anggota Komisi III DPR RI itu.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas