Tribun

Generasi Muda Diharapkan Mampu Ubah Persepsi Lembaga Legislatif Menjadi Lebih Baik

Persepsi publik terhadap partai politik dan lembaga legislatif saat ini masih di bawah titik nadir.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Dewi Agustina
Generasi Muda Diharapkan Mampu Ubah Persepsi Lembaga Legislatif Menjadi Lebih Baik
istimewa
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, saat membuka diskusi secara daring bertema Masyarakat Adat Indonesia Belum Merdeka yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12 pada Rabu (15/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan, upaya mengubah persepsi lembaga legislatif agar menjadi lebih baik harus dilakukan dari dalam.

Karena itu, Lestari menilai perlu anggota lembaga legislatif yang memiliki kompetensi dan hati nurani.

Hal itu disampaikan Lestari saat menjadi narasumber dalam Training Legislative bertema Membangun Legislator Muda yang Berkualitas dan Berintegritas, secara daring di Politeknik Kesehatan (Poltekkes), Kementerian Kesehatan, Bandung Jawa Barat, Minggu (31/10/2021).

"Perlu partisipasi aktif orang-orang muda yang memiliki kompetensi dan hati nurani untuk mempersiapkan diri masuk ke lembaga legislatif dalam rangka memperbaiki citra lembaga tersebut," kata Lestari.

Lestari mengakui, persepsi publik terhadap partai politik dan lembaga legislatif saat ini masih di bawah titik nadir.

"Tugas kita bersama untuk terus berupaya meningkatkan citra lembaga legislatif lewat peningkatan realisasi tugas dan fungsi lembaga yang berisi para wakil rakyat itu," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari.

Menurut Rerie, lembaga legislatif harus mampu menyerap berbagai aspirasi publik untuk kemudian berupaya untuk merealisasikannya lewat tugas dan fungsi yang diamanatkan konstitusi.

Untuk menyerap dan mendorong aspirasi masyarakat itu, DPR dan DPRD harus diisi dengan para wakil rakyat yang memiliki kompetensi dan hati nurani.

Agar lembaga legislatif di masa depan bisa diisi oleh para wakil rakyat yang memiliki kompetensi generasi muda bisa memahami proses-proses legislatif dalam tata kelola bernegara, sejak dini.

Baca juga: Pemprov DKI Temukan Sejumlah Aset Sejarah Batu Penggilingan Abad ke-18 di Trotoar Jalan

"Berbagai upaya meningkatkan literasi para generasi muda terkait proses legislatif sangat diharapkan, sebagai upaya mengakselerasi perbaikan kinerja lembaga legislatif di masa datang," jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Pada kesempatan itu Wakli Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa menjelaskan mengenai tugas dan fungsi dirinya sebagai anggota legislatif.

Dalam melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat, jelas Saan, reputasi adalah hal yang sangat berharga bagi para politisi.

"Karena di dalam reputasi itu, juga terkandung integritas, faktor yang wajib dimiliki sebagai legislator," ungkapnya.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas