Tribun

Survei LSIN: Nadiem Makarim Menteri Berkinerja Terbaik 

Hasilnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim menduduki peringkat tertinggi sebagai menteri dengan kinerja terb

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Survei LSIN: Nadiem Makarim Menteri Berkinerja Terbaik 
Tangkap Layar Youtube KEMENDIKBUD RI
Mendikbudristek Nadiem Makarim. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Independen Nasional (LSIN) merilis hasil survei terkait presepsi publik terhadap kinerja pemerintah dan menteri Kabinet Indonesia Maju.

Hal ini disampaikan dalam diskusi daring bersama Dialektika Institute, Sabtu (30/10) kemarin. 

Hasilnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim menduduki peringkat tertinggi sebagai menteri dengan kinerja terbaik.

“Temuan kita ada lima kementerian yang menurut publik terbaik, dimulai dari Kemendikbud yang meraih 9%,” ujar Direktur Eksekutif LSIN Yasin Mohammad, dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Yasin menambahkan, temuan survei menyatakan Nadiem melalui kementeriannya dipersepsikan publik berhasil menjalankan belajar mengajar selama pandemi.

Baca juga: Nadiem Makarim Minta Pemda Fasilitasi Pelatihan untuk Guru Honorer yang Ikut Seleksi PPPK

“Kita telusuri respon positif ke Kemendikbud yang mendapat poin bagus karena banyak sekali bantuan-bantuan pada masa pandemi yang bersentuhan langsung pada masyarakat, misalnya bantuan stimulus kepada siswa untuk belajar,” ucapnya. 

Setelah Nadiem, empat kementerian lain yang mendapat nilai tertinggi yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (8,4%), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (7,5%), Kementerian Pertahanan (6%), dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (4,8%).

Survei yang digelar LSIN pada 8-15 Oktober 2021 ini dilaksanakan di 34 provinsi dengan melibatkan 1.200 responden.

Wawancara dilakukan melalui telepon dengan panduan kuesioner.

Baca juga: Menteri Nadiem: Pemda Harus Mencari Cara agar Siswa Bisa Tetap Magang di Tengah Pandemi

Sementara itu dalam survei yang sama, nama Nadiem juga keluar sebagai sosok profesional yang mendapat elektabilitas capres-cawapres alternatif yang cukup tinggi. 

Elektabilitas untuk klaster profesional diraih Sandiaga Uno (30,3%), Ridwan Kamil (25,7%), dan Nadiem Makarim (9,2%).

“Kita melihat mereka berpotensi paling tidak menjadi cawapres pada Pemilu 2024. Karena nampaknya kalau calon presiden masih berat,” ujar Yasin. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas