Tribun

Penanganan Covid

Pimpinan MPR: Segera Tuntaskan Target Vaksinasi Covid-19 Kelompok Rentan

Lestari Moerdijat mendorong pemerintah segera tuntaskan target vaksinasi Covid-19 pada kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Theresia Felisiani
Pimpinan MPR: Segera Tuntaskan Target Vaksinasi Covid-19 Kelompok Rentan
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
VAKSINASI LANSIA - Sebanyak 210 lansia menerima suntikan vaksin Covid-19, di Posyandu Garuda Rw 08 Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Rabu (10/3/2021). Kegiatan yang berlangsung serentak di 164 kelurahan di Kota Tangerang, berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Maret, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong pemerintah segera tuntaskan target vaksinasi Covid-19 pada kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak.

Hal ini menyusul diterbitkannya izin Vaksin Sinovac untuk vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun.

"Di saat aktivitas masyarakat mulai meningkat upaya melindungi kelompok rentan, seperti lansia dan anak-anak, dari ancaman virus corona harus diintensifkan lewat vaksinasi Covid-19," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Indonesia Kembali Terima Kedatangan 4 Juta Vaksin Sinovac

Baca juga: Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak Usia 6-11 Tahun Harus Dipastikan Aman

Di laman vaksin.kemenkes.go.id, pada Senin (1/11/2021) untuk lansia yang sudah divaksin tercatat 8,63 juta untuk dosis pertama (40,07 persen) dan sejumlah 5.34 juta orang lansia (24,78 persen) dari target telah disuntik vaksin dosia kedua.

Target vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang ditetapkan pemerintah adalah 21,55 juta orang.

Capaian vaksinasi terhadap lansia tersebut, menurut Lestari, harus terus diakselerasi dengan berbagai upaya dan strategi yang tepat agar segera mencapai target, di tengah sejumlah kendala yang tengah dihadapi dan aktivitas masyarakat yang mulai meningkat.

"Izin vaksin untuk anak yang diterbitkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), harus segera direspon dengan perencanaan dan strategi yang matang agar pencapaian target bisa segera terealisasi," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari.

Baca juga: Kapolri Tunjuk Anak Mantan Wapres Try Sutrisno Jadi Kakorlantas

Ririe mengatakan, memberi pemahaman terkait penting dan amannya vaksin untuk anak kepada para orang tua, merupakan tahapan yang harus dilakukan agar pengaplikasian vaksin Covid-19 bisa berjalan lancar.

Belajar dari pengaplikasian vaksin Covid-19 untuk lansia yang menghadapi banyak kendala di lapangan, anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menyarankan, untuk memetakan terlebih dahulu potensi kendala yang akan dihadapi pada vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak.

Sehingga, langkah untuk mengatasi berbagai kendala yang ada bisa dipersiapkan dengan matang untuk kemudian bisa disinkronkan dengan ketersediaan vaksin yang ada.

Baca juga: Terungkap Identitas Mayat Pria Tangan Terikat di Taman Hutan Kota Bekasi, Ternyata Seorang Pengamen 

Baca juga: Bakal Dibubarkan Kapolda, Iptu Winam Kenang 7 Tahun Jadi Kepala Tim Jaguar, Buru Kejahatan di Depok

"Para pemangku kepentingan harus terbiasa melakukan perencanaan yang matang dalam waktu segera untuk mengantisipasi perkembangan yang cepat dalam upaya pengendalian Covid-19 di tanah air," katanya.

Ia pun menyebut, apalagi di sejumlah daerah aktivitas masyarakat di berbagai sektor mulai meningkat, sehingga langkah-langkah untuk melindungi kelompok yang rentan, seperti lansia dan anak-anak dari paparan Covid-19 harus mendapat perhatian.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas