Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dialog Bareng KSPI, Ganjar Siapkan Regulasi Atur UMP dan UMK di Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah

Penulis: Reza Deni
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Dialog Bareng KSPI, Ganjar Siapkan Regulasi Atur UMP dan UMK di Jateng
Istimewa
Ganjar Pranowo berdialog dengan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah, Senin (15/11/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jawa Tengah di kantornya.

Dialog tersebut membahas terkait keinginan para buruh agar Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jawa Tengah naik lebih dari 10 persen.

Ganjar mengungkapkan naik atau tidaknya UMP dan UMK di Jawa Tengah akan tergantung pada perintangan-pertimbangan dari berbagai pihak.

Dia memastikan akan mengakomodasi keinginan para buruh lewat formula yang tepat.

“Bagus caranya buat saya usulannya juga formula-formulanya dibikin nanti diatur dengan formula kita, saya minta untuk semua mempertimbangkan kondisi perusahaan masing-masing,” ucap Ganjar dalam keterangan gang diterima, Senin (15/11/2021).

Ganjar mengatakan, adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah daerah mengubah pola untuk menerapkan kebijakan upah karyawan.

Baca juga: BPS: Upah Harian Buruh Tani Naik Tipis Oktober 2021

BERITA TERKAIT

Alasannya, banyak dari karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) diakomodasi Pemprov untuk tetap dapat bekerja.

“Syukur-syukur buruh juga bisa memberikan kepada kita gambaran di industrinya di pabriknya di usahanya sehingga kita semua nanti tahu bagaimana kondisi usaha masing-masing seperti apa toh, apakah untung banget, apakah biasa saja, atau malah nyungsep?" ucap Ganjar.

“Karena kami sekarang di provinsi saja ngopeni mereka-mereka yang kena PHK, pengurangan jam kerja, banyak sekali. Kita siapkan mereka agar bisa berusaha, ada pendapatan,” sambung dia.

Baca juga: Kemnaker Bahas Proses Penetapan Upah Minimum Tahun 2022

Ganjar mengaku senang dapat berdialog dengan KSPI, sebab dia memiliki banyak masukan sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan UMP/UMK Jateng 2022 pada 21 November nanti.

“Makanya kaitan dengan ini formula-formula dari indikator-indikator menjadi penting. Pola dialog yang mengasyikan, menyenangkan bisa ketawa-ketawa dari kawan-kawan buruh menurut saya itu cara yang cukup bagus dan kita akan dorong,” tuturnya.

Baca juga: KSPI Usul Upah Minimum Buruh Naik 7-10 Persen Tahun Depan, Pengusaha Keberatan 

Apalagi, Jawa Tengah memiliki potensi untuk mendapatkan investor yang tinggi. Ganjar menegaskan akan membuat regulasi yang tepat untuk UMP/UMK Jateng 2022.

Turut hadir pejabat dari Disnaker Jawa Tengah, Para Kepala Dinas serta Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Jateng, Aulia Hakim yang mewakili.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas