Tribun

Pemilu 2024

Singgung Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, PKS Minta Pencoblosan Pemilu 2024 Segera Ditentukan

Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera berharap pemerintah dan KPU segera memutuskan jadwal pencoblosan Pemilu 2024.

Penulis: Reza Deni
Editor: Wahyu Aji
Singgung Perpanjangan Masa Jabatan Presiden, PKS Minta Pencoblosan Pemilu 2024 Segera Ditentukan
dpr.go.id
Mardani Ali Sera. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera berharap pemerintah dan KPU segera memutuskan jadwal pencoblosan Pemilu 2024.

Menurutnya, harus ada titik temu antara pemerintah dan KPU soal tanggal pencoblosan.

"Kepastian tanggal Pemilu 2024 membuat semua pihak dapat bekerja dengan kerangka waktu yang jelas. Penyelenggara pemilu pun ada kesempatan untuk menyiapkan semua perangkat lebih awal dan lebih berkualitas," kata Mardani kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Kepastian tanggal tersebut, dikatakan Mardani, untuk menutup keresahan publik soal isu perpanjangan masa jabatan.

"Penetapan waktu pemungutan suara Pemilu 2024 kian penting untuk segera mengakhiri berbagai isu miring dan keresahan publik. Salah satunya adalah demi memperpanjang masa jabatan pemerintahan saat ini sampai 2027 mendatang," tuturnya

Lebih lanjut,  Legislator PKS itu mengatakan hari pemungutan suara Pemilu 2024 merupakan hal terpenting dari seluruh tahapan pemilu.

"Dalam hal ini KPU perlu lebih tegas untuk menentukan sikap karena sesuai UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, KPU punya kewenangan penuh untuk menentukan hari pemungutan suara dan berbagai tahapan pemilu," ujarnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Harap Kontestan Pemilu Teladani Semangat Juang Pahlawan Bangsa

"Sekaligus menegaskan bahwa institusi KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri," tandas Mardani.

Sebelumnya, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menanggapi soal adanya desakan dari salah satu pimpinan di komisinya kepada KPU untuk segera menentukan jadwal pencoblosan Pemilu 2024.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas