Tribun

Muktamar NU

PCNU Barru Nilai Saran Kiai Sepuh soal Muktamar NU Ditunda 2022 Harus Dihormati

(PCNU) Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Irham Djalil mendukung saran dari 9 kiai sepuh NU agar gelaran Muktamar NU ke-34 diundur sampai akhir Januari

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
PCNU Barru Nilai Saran Kiai Sepuh soal Muktamar NU Ditunda 2022 Harus Dihormati
Ist
Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Irham Djalil 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Barru Sulawesi Selatan Irham Djalil mendukung saran dari 9 kiai sepuh NU agar gelaran Muktamar NU ke-34 diundur sampai akhir Januari 2022 mendatang. 

Menurutnya, apa yang diputuskan oleh kiai sepuh NU ini sudah tepat dan harus dihormati.

Irham menjelaskan, ketika kiai sepuh NU memberi saran agar Muktamar ke-34 NU diundur ke Januari 2022 mendatang, itu tidak serta-merta memberi ultimatum secara sepihak. 

Melainkan usulan tersebut berdasarkan atas diskusi panjang terutama dengan Wapres RI KH Ma'ruf Amin.

"Kiai Ma'ruf Amin dalam kapasitasnya sebagai Wapres pasti sudah membaca dan menerima laporan, dan beliau sudah mencermati agenda Muktamar," ujar Irham melalui keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2021).

Dirinya juga menganggap, keputusan yang dibuat para 9 kiai sepuh NU juga telah menimbang terkait dengan kesiapan panitia Muktamar. 

Jika Muktamar NU digelar sesuai jadwal, atau bahkan dipercepat, maka berdampak pada kesiapan panitia. Sehingga pihaknya mendukung saran dari 9 kiai sepuh NU tersebut.

Baca juga: Unjuk Rasa di Depan Kemenag, Minta Menteri Agama Setop Intervensi Muktamar ke-34 NU di Lampung

"Saya termasuk orang yang mendukung agenda Muktamar diundur, karena yang sudah bicara juga panitia lokal, dan panitia lokal sendiri sudah memberi pernyataan bahwa siapnya diundur," tutur Irham. 

Terkait dengan kesiapan panitia Muktamar sendiri, Irham menyebut jika pihaknya sudah menghubungi Ketua PCNU Bandar Lampung. 

Kemudian idealnya Muktamar ke-34 digelar pada bulan Januari mendatang. Sebab ketika dipaksakan tanggal 23 Desember 2021, ada tempat aula yang hendak digunakan acara memang belum sepenuhnya rampung.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas