Tribun

Ketua Umum Partai Gelora Bicara soal Darurat Perubahan Iklim

Di Kampung Cikoneng ini ditanam sebanyak 10 ribu dari berbagai jenis dan juga diikuti penanaman secara serentak di 33 DPW lainnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Hasanudin Aco
Ketua Umum Partai Gelora Bicara soal Darurat Perubahan Iklim
IST
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mencanangkan Gerakan Gelora Tanam 10 Juta Pohon di Sub Das Citarik, Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Cileunyi, Bandung Jawa Barat (Jabar).

"Kita ingin memulai gerakan perlawanan terhadap perubahan iklim dengan langkah nyata yang bisa dilakukan semua orang, yaitu menanam pohon, Gelora menanam 10 juta pohon," kata Anis Matta dalam keterangan yang diterima, Senin (29/11/2021).

Menurutnya, target penanaman 10 juta pohon tersebut akan dilakukan hingga 2023, dengan kewajiban setiap kader menanam 20 pohon.

"Sepuluh juta itu adalah angka yang bisa dilakukan oleh Partai Gelora. Kalau saya bilang satu miliar anda pasti bertanya hitung-hitung angkanya kayaknya enggak nyampai," katanya.

Baca juga: Partai Gelora Mulai Gerakan Tanam 10 Juta Pohon

Indonesia saat ini, kata Anis Matta, sudah memasuki darurat perubahan iklim, sehingga diperlukan respons cepat, bukan sebaliknya lamban dalam merespons

"Kita tidak perlu menunggu 10 -20 tahun yang akan datang sampai semua situasi bisa menjadi sangat buruk dan tidak terkendali, baru kita mau meresponnya, " tandas Anis Matta.

Sementara itu, Ketua Bidang Lingkungan Partai Gelora Rully Syumanda mengatakan, cara paling mudah melawan perubahan iklim adalah menanam pohon.

"Pohon menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Karbon dioksida ini menyebabkan temperatur atmosfer naik, dan bumi menjadi panas," kata Rully.

Rully menegaskan, upaya Partai Gelora melawan perubahan iklim, bukan sekafst seremonial untuk konsumsi media, melainkan program jangka panjang.

Saat pencanangan gerakan ini Anis Matta, didampingi Wakil Ketua Umum Fahri Hamzah, Sekretaris Jenderal Mahfuz Sidik, Bendahara Umum Achmad Rilyadi, Ketua Bidang Lingkungan Hidup Rully Syumanda, fungsionaris DPN Partai Gelora dan Ketua DPW Jabar Haris Yuliana.

Di Kampung Cikoneng ini ditanam sebanyak 10 ribu dari berbagai jenis dan juga diikuti penanaman secara serentak di 33 DPW lainnya.

Selain di Cikoneng, penanaman juga dilakukan di Muara Gembong, Bekasi dan Waduk Jatiluhur.

Selain itu, Anis Matta menyerahkan bantuan bibit kepada masyarakat Kampung Cikoneng sebanyak 1.500 bibit.

Bantuan bibit diserahkan Anis Matta langsung kepada Kepala Desa Cibiru Wetan Hadian SP.

Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas