Tribun

Jokowi Pastikan Tak Lakukan Impor Beras Sampai Hari Ini: Stok Dalam Negeri Masih Posisi Baik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa hingga saat ini pemerintah belum melakukan impor beras.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Jokowi Pastikan Tak Lakukan Impor Beras Sampai Hari Ini: Stok Dalam Negeri Masih Posisi Baik
Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman padi bersama para petani di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa hingga saat ini pemerintah belum melakukan impor beras.

Pasalnya, Jokowi menyebut stok beras dalam negeri masih terbilang baik.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menanam padi bersama petani di di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Selasa (30/11/2021).

"Kita tau bahwa tahun ini, tahun 2021, sampai hari ini kita belum melakukan impor beras sama sekali. Dan kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan peresmian Bendungan Tugu bisa langsung dimanfaatkan oleh para petani untuk mengair lahannya.

Terlebih, para petani bisa meningkatkan produksinya setelah memanfaatkan aliran air dari Bendungan Tugu.

"Tadi para petani menyampaikan sekarang ini bisa panen dua kali padi dan satu kali palawija. Dengan adanya nanti Bendungan Tugu, airnya sudah mengalir sampai ke sawah-sawah di sini," ucap Presiden.

Baca juga: Jokowi Resmikan Bendungan Tugu dan Gongseng, Aktivitas Pertanian Meningkat dan Makin Produktif

"Akan bisa panen padi tiga kali, palawija sekali sehingga produktivitas setiap hektare yang ada di kabupaten Trenggalek ini bisa naik secara drastis," tambahnya.

Tentunnya, Kepala Negara juga berharap, hadirnya dua bendungan baru di Jawa Timur yakni Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng bisa meningkatkan produksi pertanian di wilayah tersebut.

Terlebih, provinsi Jawa Timur produksinya mencapai 5,7 juta ton beras untuk memenuhi kebutuhan Jawa Timur maupun juga mensuplai provinsi lain secara nasional.

"Saya rasa ini ada sebuah tambahan produktivitas dari petani yang dihasilkan karena memang banyak sekali bendungan-bendungan yang telah selesai dibangun pada tahun-tahun sebelumnya. Ini mulai kelihatan hasil dari produktivitas kenaikan di petani sehingga memunculkan total produksi di seluruh tanah air ini menjadi merangkak naik," kata Jokowi.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas