Tribun

Erupsi Gunung Semeru

MDMC Muhammadiyah Terjunkan Tim Tanggap Darurat Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

MDMC mengerahkan tim untuk membantu penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Adi Suhendi
MDMC Muhammadiyah Terjunkan Tim Tanggap Darurat Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru
SURYA/Hayu Yudha Prabowo
JALUR LAHAR DINGIN - Warga melihat jalur lahar dingin Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Minggu (5/12/2021). SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Muhammadiyah Disaster Management Center atau MDMC mengerahkan tim untuk membantu penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Letusan guguran lava dan awan panas yang terjadi, Sabtu (4/12/2021) kemarin membuat ribuan warga di desa-desa yang berada di kaki Gunung Semeru harus mengungsi.

Erupsi dan awan panas puncak tertinggi Pulau Jawa itu diketahui mengarah Besuk Kobokan yang ada di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Akibat aktivitas vulkanik ini, Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro mengalami hujan lumpur dan abu vulkanik yang membuatnya gelap gulita.

Warga yang panik berhamburan berusaha menyelamatkan diri mencari tempat perlindungan yang aman.

Merespon hal itu, Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan, telah mengisntruksikan Divisi Tanggap Darurat Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TDRR) untuk berkoordinasi dan menerjunkan tim respon tanggap darurat.

Baca juga: Silaturahmi ke Pondok Pesantren Isy Karima, Ganjar Bersama Santri Berdoa untuk Warga Sekitar Semeru

Selain itu, MDMC juga membentuk poskor dan asesmen ke warga terdampak.

"MDMC Kabupaten Lumajang langsung menetapkan poskor relawan Muhammadiyah untuk tanggap darurat erupsi Gunung Semeru di Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Lumajang, Jalan Imam Sujai, Jogotrunan," kata Budi dalam keterangannya, Minggu (4/12/2021).

MDMC Lumajang juga melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan menerjunkan personel ke lokasi terdampak untuk melaksanakan asesmen situasi di lapangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas