Tribun

Erupsi Gunung Semeru

PMI Kirim Bantuan Untuk Korban Bencana Erupsi Semeru

Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan sejumlah bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Sanusi
PMI Kirim Bantuan Untuk Korban Bencana Erupsi Semeru
Via Kompas.TV
Erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut, saat ini Gunung Semeru berada pada status level 2 atau waspada setelah peristiwa erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. (Sumber: tangkapan layar video media sosial) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPalang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan sejumlah bantuan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Minggu (5/12/2021).

Ketua Umum PMI Muhammad Jusuf Kalla (JK) pada konferensi pers Minggu, menerangkan, Tim Logistik PMI Pusat telah mengirimkan bantuan pada Sabtu (4/12/2021) malam.

Baca juga: Tangis dan Kepanikan Warga Saat Gunung Semeru Menunjukkan Tanda Kembali Erupsi Minggu Pagi

Pada tahap awal pengiriman bantuan, PMI mengirimkan paket kebersihan sebanyak 200 pcs, 50 helai terpaulin, 200 selimut, 100 matras, 50.000 masker bedah, 20.000 masker kain, 2.000 pelindung wajah (face Shield), 6 unit tenda, 7 unit truk tangki air, serta 350 pcs pakaian baru.

"Kami sudah menyiapkan sejumlah langkah dalam respon erupsi Semeru ini, yang utama kita mengirimkan kebutuhan dasar dulu, sesuai hasil kaji cepat. Kemudian evakuasi, layanan kesehatan, dan juga pendampingan pengungsi," terang JK.

Baca juga: PPP Salurkan Bantuan Rp 100 Juta dan Kirim Satgas Khusus Peduli Erupsi Gunung Semeru  

JK mengatakan bantuan berupa kebutuhan dasar dikirimkan PMI dari Gudang darurat Nasional di Jakarta dan Gudang Regional Gresik.

PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (asesmen) kebutuhan serta evakuasi masyarakat sekitar.

Untuk melengkapi respons yang sudah diberikan, Rapat Koordinasi digelar PMI Pusat dengan PMI Provinsi Jawa Timur hari ini (5/12/2021)

"Dari (PMI) Jawa Timur dan Jakarta (Pusat) akan bantu, Haglund, family kit dan sebagainya, insya Allah permintaan itu akan dipenuhi, dana juga akan kami transfer sesuai kebutuhan," lanjut JK.

Tim dapur umum Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyediakan 2000 bungkus sekali masak untuk korban bencana erupsi Semeru.

Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB. (Sumber: BNPB)
Gunung Semeru di Jawa Timur meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG) pada Sabtu (16/1/2021) sore pukul 17.24 WIB. (Sumber: BNPB) (Via Kompas.TV)
Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas