Tribun

Hari Penerbangan Sipil Internasional Diperingati Setiap 7 Desember, Ini Sejarahnya

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional jatuh pada hari ini, Selasa (7/12/2021), simak sejarah dan tema Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Hari Penerbangan Sipil Internasional Diperingati Setiap 7 Desember, Ini Sejarahnya
airlines-inform.com
Ilustrasi Pesawat Garuda Indonesia - Berikut ini sejarah dan tema Hari Penerbangan Sipil Internasional yang diperingati pada hari ini, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day diperingati setiap 7 Desember.

Pada tahun 2021 ini, peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional jatuh pada hari ini, Selasa (7/12/2021).

Perlu diketahui, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) juga berperan besar dalam Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Organisasi ICAO adalah sebuah lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa yang didirikan menurut Konvensi Chicago 1944 tentang Penerbangan Sipil Internasional.

Lembaga ini mengembangkan teknik dan prinsip-prinsip navigasi udara internasional serta membantu perkembangan perencanaan dan pengembangan angkutan udara internasional untuk memastikan pertumbuhannya terencana dan aman.

Baca juga: Sejarah Singkat Hari Ibu Nasional 22 Desember serta 20 Link Twibbon untuk Memperingatinya

Baca juga: Sejarah Hari Disabilitas Internasional 3 Desember, Berikut Link Twibbon, Tema, dan Logonya

Sejarah Hari Penerbangan Sipil Internasional

Dikutip dari ICAO, Hari Penerbangan Sipil Internasional didirikan pada tahun 1994 sebagai bagian dari kegiatan peringatan 50 tahun ICAO.

Pada tahun 1996, berdasarkan inisiatif ICAO dan dengan bantuan Pemerintah Kanada, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi mengakui 7 Desember sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional dalam sistem PBB.

Tujuan dari Hari Penerbangan Sipil Internasional adalah untuk membantu membangkitkan dan memperkuat kesadaran di seluruh dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi Negara-negara, dan tentang peran unik ICAO dalam membantu Negara-negara untuk bekerja sama dan mewujudkan angkutan cepat global yang sesungguhnya jaringan untuk melayani seluruh umat manusia.

Karena PBB dan negara-negara dunia sekarang telah mengadopsi Agenda 2030 dan memulai era baru dalam pembangunan berkelanjutan global, pentingnya penerbangan sebagai mesin konektivitas global tidak pernah lebih relevan dengan tujuan Konvensi Chicago untuk memandang penerbangan internasional sebagai penggerak utama perdamaian dan kemakmuran global.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Playstation Rilis Pertama Kali, Buat Dominasi Nintendo dan Sega Runtuh

Tema Hari Penerbangan Sipil Internasional

Setiap lima tahun, bertepatan dengan peringatan ICAO (2014/2019/2024/2029/dst.), Dewan ICAO menetapkan tema peringatan khusus untuk Hari Penerbangan Sipil Internasional.

Di antara tahun-tahun peringatan ini, perwakilan Dewan memilih satu tema untuk periode intervensi empat tahun penuh.

Tema Hari Penerbangan Sipil Internasional tahun ini adalah "Memajukan Inovasi untuk Pengembangan Penerbangan Global".

Tema ini digunakan dalam peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional dari tahun 2020 hingga 2023 mendatang.

(Tribunnews.com/Latifah)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas