Tribun

Sambut Dirut PLN  Baru, Andre Rosiade Harap Pembenahan dan Tranformasi Diteruskan

Andre Rosiade, menyambut baik penunjukan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN (Persero) yang baru.

Penulis: Reza Deni
Editor: Erik S
Sambut Dirut PLN  Baru, Andre Rosiade Harap Pembenahan dan Tranformasi Diteruskan
Istimewa
Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi urusan BUMN, Andre Rosiade. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade, menyambut baik penunjukan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN (Persero) yang baru.

Dia pun berpesan kepada Dirut PLN yang baru terus melakukan pembenahan dantransformasi di tubuh perusahaan listrik pelat merah tersebut.

"Seperti arahan yang sudah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir saat pelantikan, Dirut yang baru harus mampu melakukan perbaikan model bisnis agar lebih efektif dan efisien," kata Andre dalam keterangannya, Selasa (7/12/2021).

Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, tantangan yang dihadapi PLN ke depan tidaklah mudah.

Baca juga: Erick Thohir Juga Rombak Direksi PLN

"Tak hanya terbatas pada perbaikan finansial, tetapi juga bagaimana menghadapi tantangan zaman di mana isu energi baru terbarukan menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang berkesinambungan," ujarnya.

Terkait energi baru terbarukan, Andre menjelaskan, saat ini 67 perss  kebutuhan energi masih bersumber dari batubara.

Sehingga, lanjut dia, salah satu tugas Dirut PLN yang baru ke depan adalah memetakan dengan jelas rencana transisi energi dari fosil menuju energi baru terbarukan.

Baca juga: Erick Thohir Copot Dirut PLN, Darmadi: Dirut Baru Harus Bawa PLN Jadi BUMN Inklusif

"Jadi kuncinya pembenahan dan transformasi. Benahi finansial perseroan, lakukan transformasi bisnis dalam menghadapi tren baru seperti ekosistem kendaraan listrik yang mulai marak di Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat itu berpesan agar Darmawan selaku Dirut PLN yang baru bisa amanah dalam mengemban tugas memimpin BUMN.

"Jabatan yang diberikan adalah amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir resmi mengangkat Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN yang baru menggantikan Zulkifli Zaini.

Pengangkatan Darmawan berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 yang digelar pada Senin (6/12/2021).

Baca juga: Ikatan Pelajar NU Gelar Laknas, Siapkan Kader Hadapi Tantangan Zaman

Dalam kesempatan tersebut, Erick berpesan pada Darmawan agar melanjutkan transformasi yang sudah dilakukan PLN selama ini.

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” jelas Erick dalam keterangannya, Senin, (6/12/2021).

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas