Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wamenkes: Kelompok Kerja Kesehatan G20 Harus Beri Manfaat pada Dunia

Pertemuan awal Kelompok Kerja Kesehatan G20 antara Kementerian Kesehatan dan para Duta Besar negara-negara G20 digelar secara virtual.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Wamenkes: Kelompok Kerja Kesehatan G20 Harus Beri Manfaat pada Dunia
/Jeprima
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertemuan awal Kelompok Kerja Kesehatan G20 antara Kementerian Kesehatan dan para Duta Besar negara-negara G20 digelar secara virtual.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Menteri Kesehatan RI dr Dante Saksono Harbuwono.

Ia mengatakan pertemuan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan Kickoff Meeting Menteri Kesehatan G20 mendatang yang akan diadakan secara virtual pada 17 Desember 2021.

Keterlibatan negara-negara G20 dalam berbagai aspek menjadi bagian dari upaya untuk memastikan keberhasilan pertemuan G20, khususnya pada Kelompok Kerja Kesehatan.

''Kami menyadari, keberhasilan Kelompok Kerja Kesehatan G20 akan bergantung pada kolaborasi dan dukungan berkelanjutan dari negara-negara G20, organisasi internasional, dan pemangku kepentingan terkait dari kelompok kerja dan kelompok lain yang terlibat dalam G20,'' katanya dalam pertemuan virtual, Rabu (8/12/2021) di Jakarta.

Baca juga: Langkah Pemerintah Hapus Syarat NIK untuk Vaksinasi Covid-19 Dinilai Bisa Atasi Kesenjangan

Adanya pertemuan itu, untuk memastikan antar negara G20 memiliki komunikasi, koordinasi, dan keterlibatan konstruktif yang tepat dengan semua negara G20 selama acara dan kegiatan Kelompok Kerja Kesehatan.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Dante mengatakan pihaknya telah mengembangkan kerangka konseptual isu kesehatan untuk pembahasan pada tahun 2022.

Ini akan memandu pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan yang direncanakan tahun depan.

Baca juga: Pemerintah Upayakan Vaksin Covid-19 Merata untuk Penyandang Disabilitas 

''Saya yakin keterlibatan konstruktif dari negara G20 akan memainkan peran utama dalam keberhasilan Kelompok Kerja Kesehatan. Selain itu juga dapat membuka jalan untuk kolaborasi lebih lanjut terkait hasil pertemuan Kelompok Kerja Kesehatan,'' ucapnya.

Agar negara-negara di seluruh dunia mendapat manfaat dari pertemuan G20, pembahasan dalam pertemuan G20 tentang masalah kesehatan akan diikuti dengan implementasi dan pemantauan.

''Untuk mencapai tujuan bersama kita, kita perlu menerjemahkan apa yang kita sepakati selama pertemuan dan menjadi tindakan nyata. Ini tidak akan menjadi tugas yang mudah, dan akan membutuhkan kolaborasi serta kerja sama yang berkelanjutan di antara kita, negara-negara G20,'' ujar Dante.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas