Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi: Perkokoh Semangat Bela Negara dan Bahu-membahu Hadapi Pandemi Covid-19

Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Presiden Jokowi: Perkokoh Semangat Bela Negara dan Bahu-membahu Hadapi Pandemi Covid-19
Biro Humas Setjen Kemhan
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021 di Pelataran Monumen Tugu Api Soekarno di Kemhan, Jakarta pada Minggu (19/12/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 menjadi momentum untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.

Salah satu wujudnya, kata dia, adalah bahu membahu dalam menghadapi pandemi.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam amanatnya yang dibacakan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam peringatan Hari Bela Negara ke-73 tahun 2021 di Kemhan, Jakarta pada Minggu (19/12/2021).

“Perkokoh semangat bela negara dan bahu-membahu, saling bergandeng tangan dalam menghadapi pandemi Covid-19, agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus tumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa,” kata Jokowi dalam keterangan resmi Biro Humas Setjen Kemhan di laman kemhan.go.id pada Minggu (19/12/2021).

Jokowi juga mengingatkan bahwa bangsa Indonesia akan kuat dan besar apabila semua elemen mampu mengambil peran untuk menjadikan negara ini lebih baik lagi.

Untuk itu ia mengajak seluruh elemen bangsa menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat. 

BERITA TERKAIT

"Bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19 serta tantangan bangsa lainnya, tetapi bangsa yang mampu memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan,” kata Jokowi.

Baca juga: Menhan Prabowo Sampaikan Amanat Presiden Jokowi Saat Pimpin Upacara Hari Bela Negara Ke-73

Jokowi menekankan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini tidaklah mudah sehingga diperlukan daya juang dan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit.

Semua negara, kata dia, tengah berlomba-lomba dalam perang melawan Covid-19, baik dalam pengendalian virus maupun pemulihan ekonomi.

Sebagai bangsa yang besar, kata dia, Indonesia harus tampil sebagai pemenang dan harus optimistis.

Menurutnya bangsa Indonesia harus menciptakan peluang di tengah kesulitan. 

Untuk itu, kata dia, bangsa Indonesia harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata.

Baca juga: Pembangunan Ekonomi Maritim di Indonesia dan Negara-negara ASEAN, Simak Penjelasannya

Ia juga menekankan agar seluruh elemen bangsa tidak boleh berhenti berkreasi, berinovasi, dan berprestasi di tengah pandemi Covid-19.

“Kita harus buktikan ketangguhan kita. Kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara,” kata Jokowi. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas