Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbudristek Gelar Pameran Inovasi Perguruan Tinggi dari UI hingga UGM 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek menggelar pameran inovasi perguruan tinggi yang diikuti 7 PT terbaik.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Kemendikbudristek Gelar Pameran Inovasi Perguruan Tinggi dari UI hingga UGM 
Istimewa
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek menggelar pameran inovasi perguruan tinggi. Pameran ini diikuti oleh tujuh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gunadarma, Binus University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek menggelar pameran inovasi perguruan tinggi.

Pameran ini diikuti oleh tujuh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di antaranya Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gunadarma, Binus University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Budi Luhur serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 

Masing-masing kampus membawa produk inovasi yang sudah berhasil dikembangkan dan dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat. 

Baca juga: Kemendikbudristek Harap Perguruan Tinggi Beri SKS Penuh untuk Program Kampus Merdeka

Koordinator Substansi Umum, Kerja Sama, dan Humas Sekretariat Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana mengatakan pameran ini diselenggarakan untuk menunjukkan bahwa perguruan tinggi Indonesia mampu menciptakan produk inovasi.

"Kegiatan pameran terbatas ini ditujukan untuk masyarakat terkait inovasi yang dihadirkan oleh perguruan tinggi," ujar Yayat melalui keterangan tertulis, Jumat (7/1/2022).

Pameran ini turut menampilkan inovasi di bidang kesehatan untuk membantu mengatasi permasalahan yang diakibatkan pandemi Covid-19

Serta produk teknik yang lahir untuk mendukung program pemerintah yaitu Bangga Buatan Indonesia. 

BERITA REKOMENDASI

"Pameran kali ini sudah didukung oleh beberapa perguruan tinggi baik itu negeri maupun swasta. Selain itu, kami juga turut mengundang sivitas akademika di sekitar Jabodetabek yang sudah hadir bersama kita saat ini,” ujarnya. 

Baca juga: Kemendikbudristek Minta Siswa Pilih Program Studi Perguruan Tinggi Sesuai Minat

Dalam pameran ini, ITS misalnya memamerkan produk unggulan mereka berupa Immersive ITS dan Robot Medical Assistant ITS (RAISA).

Inovasi berupa robot lainnya juga dibawa oleh Binus University dengan karya NAYAKALARA.

Ini merupakan inovasi berbentuk robot yang bisa digunakan sebagai food delivery, monitoring robot, dan disinfectant robot.

Inovasi lain yang lahir untuk penanganan Covid-19 yaitu Flocked Swab dari UI.

Karya ini merupakan inovasi swab stick untuk mengambil sampel dengan melakukan teknis tes usap Covid-19 pada jalur nasofaring. 

Baca juga: Kemendikbudristek: Vaksinasi Covid-19 untuk Dosen Capai 80 Persen

Selanjutnya, UGM membawa produk-produk inovasi di bidang kategori kesehatan, yakni beragam obat herbal yang beberapa di antaranya sudah memiliki izin dan sudah beredar luas di rumah sakit.

Selain itu, UGM juga memiliki beberapa inovasi lain seperti  M-Treat, Ventilator ICU, dan Gemouth Aerosol Sution.

Sementara di bidang pertanian dan pangan, IPB berhasil mengembangkan karya One Village One CEO (OVOC) yakni pengembangan sumber daya manusia di beberapa titik desa yang nantinya akan langsung didanai oleh IPB dalam mengembangkan inovasi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas