Tribun

Jokowi Dorong ICMI Lakukan Transformasi Hadapi Tantangan Zaman Yang Tak Pasti

Jokowi menyakini ICMI sebagai wadah cendekiawan akan selalu mampu menemukan cara dan strategi baru dalam menghadapi tantangan dan perubahan dunia.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
Jokowi Dorong ICMI Lakukan Transformasi Hadapi Tantangan Zaman Yang Tak Pasti
Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers terkait Perkembangan Covid-19 di Istana Bogor, Jumat (28/1/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) terus melakukan transformasi untuk menghadapi ketidakpastian, tantangan, dan peluang-peluang yang ada.

Terlebih, Presiden mengatakan bahwa tantangan yang akan dihadapi Indonesia, termasuk yang dihadapi ICMI ke depan tidaklah mudah.

Namun, Jokowi menyakini ICMI sebagai wadah cendekiawan akan selalu mampu menemukan cara dan strategi baru dalam menghadapi tantangan dan perubahan dunia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menghadiri Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat ICMI dan pembukaan Rakernas ICMI periode 2021-2026 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/1/2022).

“Tema raker ICMI kali ini, kata kuncinya adalah transformasi. Bagaimana kita sebagai bangsa harus melakukan transformasi, bagaimana kita sebagai organisasi terus melakukan transformasi, yaitu transformasi untuk menemukan cara tepat menghadapi perubahan zaman," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Berharap ICMI Turut Mendukung Pemindahan IKN Nusantara

Presiden Jokowi juga mengatakan, perubahan saat ini sering datang secara tiba-tiba.

Misalnya, pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun dialami Indonesia dan saat ini masih terjadi.

Menurut Presiden, itu merupakan salah satu bukti bahwa ketidakpastian itu akan selalu dihadapi.

“Banyak hal yang di luar bayangan kita pada saat kita membuat rencana. Ketidakpastian itu datang secara tiba-tiba tanpa kita duga,” jelas Jokowi.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas