Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wapres Harap Sulsel Terus Tingkatkan Standar Kualitas Pelayanan Publik

"Birokrasi yang berkualitas dan profesional (juga) adalah kunci untuk memajukan kesejahteraan umum," imbuhnya.

Penulis: Reza Deni
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Wapres Harap Sulsel Terus Tingkatkan Standar Kualitas Pelayanan Publik
Setwapres
Wapres Maruf Amin. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar seluruh kepala daerah di wilayah Sulawesi Selatan terus berupaya meningkatkan standar kualitas pelayanan publik yang dimiliki.

Pasalnya, berdasarkan hasil penilaian Ombudsman Tahun 2021 tentang Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, masih banyak kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang memperoleh nilai "Cukup".

"Ini harus terus ditingkatkan agar menjadi 'Baik'. Saya berharap hal ini menjadi perhatian serius para Kepala Daerah," kata Wapres saat memimpin Rapat Sosialisasi Mall Pelayanan Publik dan Pemberdayaan UMKM di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (31/1/2022).

Sebab, lanjut Wapres, kualitas pelayanan publik yang baik akan menghindari terjadinya pungutan liar (pungli), sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat dan kepercayaan investor.

Baca juga: Bertolak ke Makassar, Wapres Maruf Pimpin Rapat Sosialisasi Mal Pelayanan Publik hingga Bahas UMKM

"Pelayanan publik ini kita harapkan mempercepat, mempermudah, tidak berliku-liku dan menghindari terjadinya pungli, dan ini sangat penting untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat dan membuat kepercayaan investor," kata dia.

Di samping itu, kata Wapres, pelayanan publik yang berkualitas merupakan mandat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, bahwa pemerintah bertanggung jawab penuh dalam pemberian pelayanan publik yang berkualitas, baik pelayanan administrasi, jasa publik, maupun barang publik.

BERITA REKOMENDASI

"Birokrasi yang berkualitas dan profesional (juga) adalah kunci untuk memajukan kesejahteraan umum," imbuhnya.

Lebih jauh, Wapres menuturkan bahwa pelayanan publik yang prima akan memengaruhi persepsi kepercayaan dan kepuasan masyarakat kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Baca juga: Wapres: NU Harus Terus Jadi Simpul Pengunci Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah dan Insaniyah

"Oleh karena itu, kualitas kinerja pelayan publik harus senantiasa dievaluasi," pintanya.

Namun demikian, Wapres mengakui bahwa Provinsi Sulsel sejauh ini telah mencapai banyak kemajuan dalam bidang pelayanan publik.

Dia pun mengapresiasi berbagai inovasi pelayanan publik yang telah dilakukan di beberapa kabupaten/kota di Sulsel.

"Misalnya, Kabupaten Sinjai dengan inovasi Gesit-19 (Kemudahan perizinan sektor kelautan dan perikanan bagi nelayan), Kota Palopo dengan Inovasi MABASSA di Dinas PMPTSP, Kabupaten Gowa dengan inovasi Sahabat LAPOR," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas