Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maraknya Pohon Jadi Sarana Kampanye Caleg, Herwyn Jefler: Kedaulatan Lingkungan Penting

kampanyenya semakin banyak mulai dari baliho serta foto-foto caleg yang dipasang di pohon sebagai media untuk kampanye.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Maraknya Pohon Jadi Sarana Kampanye Caleg, Herwyn Jefler: Kedaulatan Lingkungan Penting
Tribun Manado/Indry Panigoro
Ketua Bawaslu Sulut, Herwyn Malonda. TRIBUN MANADO/INDRI PANIGORO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Dian Istiqomah menyoroti calon anggota Bawaslu RI Herwyn Jefler Hielsa Malonda yang memaparkan soal pengawasan lembaga pemilu yang ramah lingkungan.

Mulanya pada fit and proper test calon anggota Bawaslu di Komisi II DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/2/2022), Dian menyampaikan bahwa tertarik dengan buku yang ditulis Herwyn Jefler berjudul Green Constitution.

"Saya sedikit baca soal buku anda tentang Green Election (Green Constitution), saya tertarik tantang penyelenggaraan pemilu ramah lingkungan," kata Dian.

Dian pun mengatakan, bahwa pada akhir tahun 2019, dimana dengan bertambahnya partai politik yang bergabung dalam pemilu, secara otomatis bertambah juga para  caleg-calegnya.

Sehingga, kampanyenya semakin banyak mulai dari baliho serta foto-foto caleg yang dipasang di pohon sebagai media untuk kampanye.

"Apalagi di daerah, di Jakarta aja seperti itu Pak. Jadi, kalau saya pribadi Alhamdulilah tidak melakukan itu, saya sesuai prosedur,  tapi saya lihat masih banyak sekali pohon-pohon dipasangi gambar kampanye," ungkap Dian.

Baca juga: Pimpinan Komisi II DPR Tepis Pesan Berantai Nama-nama Anggota KPU-Bawaslu Terpilih: Hoaks itu

Ia pun melontarkan pertanyaan kepada Herwyn soal bagaimama cara menciptakan tentang penyelenggaraan pemilu yang ramah lingkungan.

BERITA REKOMENDASI

"Mungkin bapak bisa memberikan sosialisasi atau mungkin dengan banyaknya acara di media?" tanya Dian.

Dalam kesempatan itu, Herwyn pun menjelaskan, bahwa pemilu merupakan bagian dari mewujudkan kedaulatan rakyat.

Tetapi, harus diingat juga bahwa kedaulatan lingkungan akan sangat penting. Dimana, akan menyangkut keberlangsungan hidup mendatang.

"Karena itu adalah masa depan kita bersama di masa datang, kita akan posisikan itu mengawal sambil koordinasi agar nantinya persoalan itu walaupun kecil upaya kita, karena kita ada di persoalan pemilu," kata Herwyn.

"Tapi walaupun kecil kita akan berupaya agar pemilu ramah lingkungan diwujudnyatakan," jelas Ketua Bawaslu Sulawesi Utara ini.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas