Tribun

Konflik Rusia Vs Ukraina

Komisi I DPR Sambut Langkah RI Setujui Resolusi PBB Terkait Invasi Rusia: Sesuai Amanah Konstitusi

TB Hasanuddin menyambut baik langkah pemerintah Indonesia menyetujui resolusi PBB yang meminta Rusia menghentikan invasi ke Ukraina.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Komisi I DPR Sambut Langkah RI Setujui Resolusi PBB Terkait Invasi Rusia: Sesuai Amanah Konstitusi
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan TB Hasanuddin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin menyambut baik langkah pemerintah Indonesia menyetujui resolusi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang meminta Rusia menghentikan invasi ke Ukraina.

"Saya sepakat dan mendukung posisi yang diambil perwakilan Indonesia di PBB terkait resolusi menyetop agresi. Resolusi yang divoting di Majelis Umum PBB penekanannya adalah pada menghentikan agresi militer oleh suatu negara terhadap negara lain," kata TB Hasanuddin dalam keterangannya, Kamis (3/3/2022).

Hasanuddin memandang kebijakan yang diambil Indonesia selaras dengan amanah konstitusi untuk melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi.

"Bagi Indonesia, kedaulatan wilayah suatu negara adalah mutlak, dan invasi/agresi militer terhadap wilayah kedaulatan negara itu mengancam perdamaian dunia," kata Hasanuddin.

Baca juga: Sebut Peran AS Bak Hitler dan Napoleon, Ingin Kuasai Eropa, Rusia Harap Ukraina Buat Pilihan Sendiri

Jadi, tegas Hasanuddin, menyetujui resolusi PBB meminta Rusia menyetop invasi ke Ukraina bukan soal keberpihakan pada poros/blok apapun.

"Tapi ini soal menegakkan amanah konstitusi dan juga komitmen Indonesia untuk menghentikan cara-cara kekerasan dalam menyelesaikan konflik internasional," katanya.

Dilansir dari beberapa sumber, sebelumnya Indonesia bersama 140 negara lain menyetujui resolusi PBB yang meminta Rusia menghentikan serangannya ke Ukraina.

Baca juga: Resolusi PBB soal Ukraina: Mayoritas Negara Dukung Akhiri Operasi Militer Rusia, Termasuk Indonesia

Momen voting ditayangkan lewat siaran langsung di kanal YouTube PBB.

Sebanyak 141 negara menyetujui resolusi PBB diantaranya Malaysia, Singapura, Timor Leste, Singapura, Thailand dan Afghanistan yang kini dipimpin Taliban.

Sedangkan 5 negara tidak setuju dan tak memberikan suara sebanyak 35 negara.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas