Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PKB Minta Para Menteri Fokus Bekerja, Tak Perlu Risau Isu Reshuffle

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid memaklumi jika masyarakat membicarakan isu reshuffle.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in PKB Minta Para Menteri Fokus Bekerja, Tak Perlu Risau Isu Reshuffle
Doc. MPR
Wakil Ketua MPR RI, Dr. Jazilul Fawaid SQ., MA., mengucapkan selamat Hari Pers Nasional, Rabu (9/2/2022) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Isu perombakan (reshuffle) kabinet kembali menjadi perbincangan di ruang publik. 

Masyarakat sering mengaitkan isu reshuffle dengan momentum Rabu Pon seperti kebiasaan yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya.

Namun, Rabu Pon (23/3/2022) telah lewat dan hingga hari ini, belum ada tanda-tanda Presiden akan melakukan reshuffle kabinetnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid memaklumi jika masyarakat membicarakan isu reshuffle

Sebab, sudah cukup lama Presiden Jokowi tidak melakukan reshuffle.

Kendati begitu, Gus Jazil sapaan akrab Jazilul Fawaid, menegaskan bahwa reshuffle menjadi hak prerogatif Presiden sehingga tidak ada kewajiban untuk menyampaikan bocorannya kapan reshuffle akan dilakukan dan siapa menteri yang ada diganti atau digeser.

BERITA TERKAIT

”Urusan menteri bukan urusan masyarakat umum, tapi urusan performa para pembantu Presiden. Sepanjang Pak Presiden memandang bahwa performa kabinet ini bagus, ya tidak perlu ada reshuffle, meskipun sudah lama belum ada pergantian,” kata Gus Jazil kepada wartawan, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: Rabu Pon 23 Maret Presiden Jokowi Panggil Seluruh Menteri ke Istana, Rapat Terbatas Atau Reshuffle?

PKB, kata Gus Jazil, menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden dan berharap masyarakat juga bersabar seandainya Presiden tidak mengambil keputusan reshuffle.

Ia berharap seluruh menteri untuk fokus bekerja dan tidak terganggu dengan isu reshuffle yang santer dibicarakan publik. 

”Para menteri tidak perlu risau dengan isu reshuffle. Kita berharap para menteri yang ada bekerja concern sesuai tugasnya. Abaikan isu-isu itu sebelum Pak Presiden akan melakukan reshuffle,” tutur Wakil Ketua MPR RI ini.  

Gus Jazil mengatakan jikapun akan ada reshuffle, dirinya memprediksi tidak akan dilakukan dalam waktu dekat sebelum Bulan Ramadan.

Baca juga: Muncul Isu Reshuffle Kabinet, Jokowi Dipastikan Belum akan Lakukan Reshuffle Kabinet

”Pak Jokowi sudah 5 kali melakukan reshuffle. Seandainya Pak Presiden mau melakukan reshuffle mungkin ini yang terakhir. Kelihatannya masyarakat yang menunggu-nunggu adanya reshuffle ini tentunya harus bersabar. Dugaan saya mungkin ya habis Puasa, habis Lebaran kalau ada,” jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas