Tribun

Masa Jabatan Presiden

Seskab Pramono Anung Bantah Ada Anggaran Negara Dipakai untuk Isu Jokowi Tiga Periode

Pramono Anung memastikan tidak ada anggaran negara dipakai untuk menggulirkan wacana penambahan masa jabatan Presiden Jokowi Tiga periode.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Seskab Pramono Anung Bantah Ada Anggaran Negara Dipakai untuk Isu Jokowi Tiga Periode
Setkab.go.id
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung memastikan tidak ada anggaran negara dipakai untuk menggulirkan wacana penambahan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiga periode.

Hal itu disampaikannya dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Kantor Staf Presiden (KSP), di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/4/2022).

"Saya jawab, karena ini yang paling ditunggu. Pertama, tidak ada anggaran baik di Setneg, Seskab, maupun KSP mengenai hal ini, sehingga dengan demikian clear terhadap hal itu," kata Pramono.

Politikus senior PDIP itu menegaskan, sikap Jokowi yang taat konstitusi menanggapi isu penambahan masa jabat presiden.

"Terkahir tanggal 30 Maret 2022 di Borobudur saya yakin apa yang disampaikan Presiden sudah cukup jelas ditanggap oleh publik," ucapnya.

Baca juga: PKS Cecar Pramono-Pratikno-Moeldoko soal Dugaan Anggaran Deklarasi Apdesi Jokowi 3 Periode

Di sisi lain, Pramono Anung menilai kemudian masih ada yang mencoba untuk menggoda Presiden Jokowi agar menambah masa jabatannya sebagai presiden.

"Tetapi kan kami tahu, untuk mengubah apalagi melakukan amandemen UUD tidak mudah, dan itu akan membuka kotak pandora ke mana-mana," ujarnya.

"Saya yakin ini menjadi pelajaran karena saya termasuk menjadi bagian di tahun 1999 ketika amandemen itu dilakukan," lanjutnya.

Baca juga: Komisi II DPR Cecar Soal Deklarasi Apdesi Dukung Jokowi 3 Periode, Begini Jawaban Mensesneg

Sebelumnya, dalam rapat itu, anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Mardani Ali Sera mempertanyakan deklarasi dukung penambahan masa jabatan Presiden Jokowi tiga periode oleh Apdesi.

Mardani juga mempertanyakan adakah anggaran negara yang dipakai untuk mendukung deklarasi Jokowi tiga periode itu.

"Pertanyaan saya kepada tiga pembantu utama presiden, mudah-mudahan tidak ada anggaran digunakan untuk kegiatan-kegiatan isu tiga periode atau penundaan (Pemilu), karena itu sangat-sangat bertentangan dengan konstitusi," ucap Mardani.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas