Tribun

Ibadah Haji 2022

Kemenag: Belum Ada Info Resmi Jumlah Kuota Haji dari Arab Saudi

Hilman Latief mengatakan hingga kini Pemerintah Arab Saudi belum menetapkan jumlah kuota untuk Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan hingga kini Pemerintah Arab Saudi belum menetapkan jumlah kuota untuk Indonesia.

"Kemenag masih harus menunggu informasi lanjutan terkait dengan pembagian kuota dari Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia terhadap negara-negara muslim untuk jemaah haji yang bisa dikirimkan," ucap Hilman kepada Tribunnews.com, Sabtu (9/4/2022).

Kepastian mengenai jumlah kuota, kata Hilman, belum juga didapatkan oleh negara lain.

Hilman berharap Pemerintah Arab Saudi segera memberikan kepastian mengenai jumlah kuota.

"Hingga saat ini belum ada jumlah resmi yang ditentukan oleh Arab Saudi per negara, baik Indonesia, Pakistan, Malaysia dan lain-lain itu belum disebutkan kuota masing masing negara," kata Hilman.

Baca juga: Arab Saudi Izinkan 1 Juta Jemaah Haji, Kemenag Bakal Segera Tetapkan BPIH

Dirinya berharap Indonesia mendapatkan kuota yang banyak, sehingga jemaah yang tertunda bisa dimaksimalkan keberangkatannya.

"Kita berharap Indonesia mendapatkan kuota maksimal. Sehingga bisa memberangkatkan jemaah tertunda agak banyak di tahun ini," tutur Hilman.

Seperti diketahui, Kementerian Haji dan Umrah Pemerintah Arab Saudi memberikan izin kepada satu juta jemaah untuk menjalankan ibadah haji pada tahun 2022 ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas