Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu periode 2022-2027

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Presiden Jokowi Lantik Komisioner KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027
Tangkap layar YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil Sumpah Jabatan tujuh komisioner KPU dan lima komisioner Bawaslu periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4/2022).

Tujuh nama yang dilantik sebagai komisioner KPU, yakni Betty Epsilon Idrus, Hasyim Asyari, Muhammad Afifudin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.




Sementara lima anggota Bawaslu yang dilantik yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Hariyono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Sebelum dilantik mereka semua telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan di DPR RI pada pertengahan Februari lalu.

Pelantikan ketujuh anggota KPU berdasarkan dengan Keppres nomor 33P/2022. Sementara itu pelantikan kelima anggota Bawaslu sesuai Keppres nomor 34P/2022.

"Demi Allah saya bersumpah, Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan perundangan dengan berlandaskan Pancasila dan UUD tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilu anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, dan DPRD, tegaknya demokrasi dan keadilan serta mengutamakan kepentingan Negara Republik Indonesia daripada kepentingan pribadi atau golongan," ujar para pejabat yang dilantik.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas