Tribun

Pemindahan Ibu Kota Negara

Finsensius Mendrofa Ditunjuk sebagai Tim PokJa Kadin Indonesia Pemindahan Ibu Kota Negara

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menjadi agenda penting bagi pemerintah.

Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Finsensius Mendrofa Ditunjuk sebagai Tim PokJa Kadin Indonesia Pemindahan Ibu Kota Negara
Ist
Finsensius Mendrofa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah menjadi agenda penting pemerintah, setelah disahkannya Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara menandakan resmi Ibu Kota Negara pindah ke Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bergerak cepat dengan menunjuk Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN, semua pihak dilibatkan, tidak terlepas dari unsur swasta khususnya dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia.

Kadin Indonesia dibawah kepemimpinan Ketua Umum Arsjad Rasjid telah membentuk Kelompok Kerja (POKJA) Dukungan Persiapan, Pembangunan, Pengembangan dan Pemindahan Ibu Kota Negara melalui surat Keputusan Dewan Pengurus Kadin Indonesia Nomor : Skep /32/DP/III/2022, tertanggal 30 Maret 2022.

"Hari ini Kami baru saja menerima SK Pokja Kadin Indonesia, sesuai SK telah ditunjuk Ketua Pokja Kadin Indonesia Budiarsa Sastrawinata. PokJa Kadin Indonesia termasuk Ketua Umum sebagai penanggungjawab sebanyak 41 orang dengan latarbelakang yang berbeda-beda," kata Finsensius Mendrofa, salah satu tim Pokja Kadin Indonesia, dalam keterangan yang diterima, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Kadin Resmi Tetapkan Aspataki Jadi Anggota Luar Biasa dan Penugasan Khusus

Finsensius mengatakan, dalam pembangunan IKN tidak mungkin semua menggunakan dana dari APBN, banyak alternatif lain salah satunya melibatkan swasta dengan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Dia menyebut leran swasta sangat penting dalam pembangunan IKN ini.

"Di poin itulah Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid membentuk PokJa ini, intinya kita mendukung program pemerintah dan kita lakukan upaya-upaya untuk mendatangkan investor di IKN," ucapnya.

Finsensius mengungkapkan, dirinya bersama beberapa pengurus Kadin Indonesia pada bulan November 2021 ikut serta dalam rombongan Presiden Jokowi untuk bertemu dengan pengusaha besar di Dhubai, Uni Arab Emirates.

Di sana, lanjut dia, mengundang mereka untuk datang ke Indonesia dan bersama Viby Indrayana dan Insannul Kamil menyerahkan buku peluang investasi di IKN kepada calon investor.

"Intinya Kadin Indonesia memberikan dukungan penuh dalam pemindahan IKN kita ini," ucapnya.

"Saya dipercaya sebagai salah satu dari 41 orang Tim PokJa Kadin Indonesia, saya tentunya membantu Ketua PokJa dan melakukan program-program yang akan disepakati oleh Tim PokJa Kadin Indonesia, supaya agenda pemindahan IKN ini berjalan sesuai rencana," pungkas Pakar Hukum Bisnis ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas