Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Lebaran, Harga Daging Masih Tinggi Rp 140 Ribu Perkilogram

Rata-rata harga daging sapi saat ini di kisaran Rp 140 ribu per kilogram. 

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rata-rata harga daging sapi saat ini di kisaran Rp 140 ribu per kilogram menjelang lebaran Idul FItri 2022.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP Ikappi) Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan, rata-rata harga secara nasional juga sudah Rp 142 ribu sampai Rp 143 ribu. 

"Melihat pasokan yang dilakukan Bulog saat ditugaskan impor 220 ribu ton itu ternyata terbukti tidak mampu menekan harga daging di pasaran."

"Karena itu, harganya masih cukup tinggi," ujarnya kepada Tribunnews.com, Senin (25/4/2022).

Sementara di pasar, terbagi dua segmen yakni untuk masyarakat menengah ke atas dan menengah ke bawah, yang sama-sama belanja kebutuhan pokok daging. 

"Jadi kalau masyarakat menengah ke atas mampu beli 1 kilogram daging, masyarakat menengah ke bawah belinya setengah kilogram atau bahkan seperempat kilogram," kata Reynaldi. 

Adapun, dia menambahkan, di pasar itu tetap ada proses tawar-menawar serta ada interaksi antara pedagang dan pembeli hingga terjadi kesepakatan.

BERITA TERKAIT

Baca juga: Tidak Cuma Daging Sapi, Harga Telur Juga Naik Jelang Lebaran

"Kemudian untuk konsumen beralih sangat memungkinkan karena daging ini ada penggantinya, ada ikan, udang, dan lainnya," pungkasnya.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas