Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NasDem Minta Pemerintah Gerak Cepat Respons Hepatitis Akut: Sikap Preventif dan Terukur Dikedepankan

Partai NasDem mengingatkan pemerintah untuk bertindak cepat dalam merespons persoalan hepatitis akut. 

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in NasDem Minta Pemerintah Gerak Cepat Respons Hepatitis Akut: Sikap Preventif dan Terukur Dikedepankan
Tribunnews.com/Fauzi Nur Alamsyah
Okky Asokawati saat mendapatkan cinderamata dari Tribunnews.com, Kamis (4/3/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai NasDem mengingatkan pemerintah untuk bertindak cepat dalam merespons persoalan hepatitis akut

Tentunya, respons cepat ini untuk memberi ketenangan kepada  masyarakat dan menjadi tindakan preventif atas keberadaan penyakit ini. 




Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem Okky Asokawati mengatakan sebaiknya pemerintah segera bergerak cepat untuk merespons persoalan penyakit hepatitis akut yang terjadi di Indonesia.

"Salah satu respons cepat itu, komunikasi publik pemerintah dalam menanggapi Hepatitis akut ini harus satu narasi yang solid, sistemik dan terukur, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah," kata Okky dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (9/5/2022). 

Selain persoalan komunikasi, Okky menyebutkan, sembari menunggu perkembangan terkini mengenai Hepatitis akut di Indonesia, langkah edukasi yang sifatnya preventif dapat ditingkatkan dengan menggandeng berbagai stakeholder di masyarakat. 

"Pemerintah harus segera melakukan konsolidasi dengan melibatkan dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam serta unit pendidikan dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga SLTA dengan melibatkan Kementerian Pendidikan Nasional untuk meningkatkan aspek pencegahan," sebut okky. 

BERITA TERKAIT

Di bagian lain, anggota Komisi Kesehatan DPR RI dua periode ini menyebutkan pemerintah dapat belajar dalam penanganan Covid-19 pada tahun 2020 lalu, agar lebih mengedepankan aspek preventif dalam merespons keberadaan Hepatitis Akut.

Baca juga: Tanggapan Kemenkes Soal Anak Meninggal Dunia di Jawa Timur Diduga Akibat Hepatitis Akut

"Temuan kasus Hepatitis akut di sejumlah negara termasuk dugaan yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia harus dijadikan bahan dalam merumuskan kebijakan publik di bidang kesehatan," ucap Okky. 

Ia mengingatkan pemerintah harus belajar dari dinamika dalam perumusan kebijakan saat merespons pandemi Covid-19 lalu. 

Menurutnya, sikap preventif jauh lebih baik dilakukan untuk mengurangi ekses ekstrem yang muncul. 

"Sikap preventif dan terukur harus dikedepankan sembari memberi informasi yang tepat ke publik. Ketenangan publik juga menjadi aspek penting dalam merespons keadaan saat ini," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas