Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pimpin Rapat DBON, Wapres Ma'ruf Amin Targetkan Indonesia Peringkat 5 Olympic dan Paralympic 2044

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin memimpin Rapat Pleno Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres Jakarta Pusat pada Kamis (12/5/2022).

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pimpin Rapat DBON, Wapres Ma'ruf Amin Targetkan Indonesia Peringkat 5 Olympic dan Paralympic 2044
setwapres
Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin memimpin Rapat Pleno Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres Jakarta Pusat pada Kamis (12/5/2022).   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin memimpin Rapat Pleno Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wapres Jakarta Pusat pada Kamis (12/5/2022).

Dalam rapat Ma'ruf Amin mengatakan rapat tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut amanat Pepres Nomor 86/2021.

Dalam Perpres tersebut, kata Ma'ruf, DBON dibentuk untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional dan tata kelola pembinaan atlet nasional.

Hal tersebut, kata dia, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung atlet-atlet Indonesia dapat berprestasi di tingkat dunia.

"Dan saya mengharap pembinaan atlet dalam jangka panjang dilakukan dari hulu sampai ke hilir dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan serta dapat mencapai target meraih tingkat kelima pada ajang Olympic Games dan Paralympic Games pada tahun 2044 nanti. Ini targetnya," kata Ma'ruf.

Penyelenggaraan DBON, kata dia, merupakan tanggung jawab bersama dan bukan hanya Kementerian Pemuda dan Olahraga. 

BERITA TERKAIT

Menurutnya sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi keolahrgaaan, dunia usaha, serta masyarakat baik dalam dukungan kebijakan, anggaran, kurikulum, sarana prasarana juga lain-lain perlu terus dibangun.

Dalam pelaksanaan aksi, kata dia, pada tiap tahapan diperlukan peta jalan, road map, agar pelaksanaan DBON dapat terarah, sistematis, dan berkelanjutan. 

Untuk itu ia meminta agar peta jalan tersebut dapat dirumuskan secara komprehensif agar dapat menjadi panduan seluruh pihak yang terkait.

"Saya ingin mengingatkan bahwa olahraga adalah tentang sportifitas, hingga aturan organisasi olahraga dunia harus kita patuhi untuk kebaikan bersama termasuk, ini pengalaman kita bagi atlet Indonesia, pemberian sanksi World Anti Doping Agency (WADA) kepada lembaga anti doping Indonesia, agar ini tidak terulang di masa yang akan datang," kata Ma'ruf.

Ia kemudian meminta kepada para menteri untuk melaporkan kesiapan dan komitmen masing-masing dalam mendukung pelaksanaan DBON ini ke depan mulai dari tahap pertama yaitu DBON periode 2022-2024.

Baca juga: Dorong Segera Pulih, Wapres Maruf Jamin Ajak Wisatawan Dalam dan Luar Negeri Datang ke Bali

Untuk kesempatan pertama, ia meminta perwakilan Menteri Pemuda dan Olahraga memaparkan kerangka jangka panjang atau road map DBON serta rancangan akhir rencana aksi DBON tahap 1 tahun 2022-2024.

"Ini Menteri Olahraga tadi barusan sakit katanya, mendadak, diwakili. Saya minta yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga untuk memaparkan kerangka jangka panjang atau road map DBON serta rancangan akhir rencana aksi DBON tahap 1 tahun 2022-2024," kata Ma'ruf.

Rapat tersebut dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim.

Selain itu, hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Tampak juga hadir dalam rapat tersebut Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas