Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenal Dislitbangad, Tempat Uji Perlengkapan hingga Alutsista TNI AD

Dislitbangad menjadi satuan penting dalam menentukan kualitas perlengkapan hingga alutsista yang akan digunakan TNI AD.

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Mengenal Dislitbangad, Tempat Uji Perlengkapan hingga Alutsista TNI AD
Abdi Ryanda Shakti/Tribunnews.com
Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama memberikan keterangan terkait tugas pokok Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbangad) di Makodislitbangad, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) menjadi satuan penting dalam menentukan kualitas perlengkapan hingga alutsista yang akan digunakan TNI AD.

Sebagai Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah KSAD dan mempunyai tugas pokok membina dan menyelenggarakan penelitian dan pengembangan pada bidang Insani, sistem dan metode serta Materiil Angkatan Darat.

"Tugas pokok Dislitbangad itu adalah bagaimana kita melaksanakan kegiatan pembinaan, penelitian dan pengembangan," kata Kadislitbangad Brigjen TNI Terry Tresna Purnama kepada wartawan di Makodislitbangad, Matraman, Jakarta Timur, Selasa (24/5/2022).

Terry menjelaskan penelitian dan pengembangan ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ada di satuan dari segi materiil maupun non materiil.

"Sistemnya bottom up atau dari bawah ke atas. Karena permasalahan-permasalahan di satuan kita tidak tahu apa yang diinginkan, satuan butuh apa," jelasnya.

Baca juga: Dua Srikandi TNI AD Sumbang Medali Perak dari Cabang Olahraga Judo dan Tinju SEA Games Vietnam

Jenderal TNI bintang satu ini menjelaskan penelitian itu dilakukan di Laboratorium Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) di Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat.

BERITA REKOMENDASI

Di sana, semua perlengkapan hingga alutsista akan dilakukan uji terlebih dahulu sebelum mendapatkan sertifikasi yang nantinya sebagai penunjang tugas pokok TNI AD.

Uji laboratorium itu dilakukan di sejumlah subsi-subsi yang di antaranya Subsi Matrak (Materi Bergerak), Subsi Komlek (Komunikasi Elektronik), Subsi Alkapsat (Alat Perlengkapan Satuan), Subsi Jatmu (Senjata Munisi), Subsi Bengkel, (alat bengkel rekayasa Sublabreka) dan Subsi Nubika.

Baca juga: Kopasgat Raih Juara Umum Kompetisi Menembak Antar Satuan TNI AU KSAU Cup 2022

Lebih lanjut, Terry berharap kedepannya Dislitbangad bisa terus melakukan inovasi-inovasi terkait penelitian dan pengembangan khususnya di TNI AD.

"Kita sebagai leading sector di Litbang TNI AD untuk bagaimana membangun Litbang kedepan ini akan selalu berbeda dan lebih baik, selalu setiap tahunnya seperti itu," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas