Tribun

Virus Corona

Pertebal Herd Immunity, BIN Riau Intensifkan Vaksinasi Dosis Dua dan Booster

Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau bersama pemerintah mengintensifkan pelayanan vaksinasi Covid-19 secara serentak di 12 kabupaten/kota.

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pertebal Herd Immunity, BIN Riau Intensifkan Vaksinasi Dosis Dua dan Booster
ist
Binda Riau bersama pemerintah mengintensifkan pelayanan vaksinasi Covid-19 secara serentak di 12 kabupaten/kota. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau bersama pemerintah mengintensifkan pelayanan vaksinasi Covid-19 secara serentak di 12 kabupaten/ kota. 

Tujuannya dalam rangka mempercepat pemerataan kekebalan komunal atau herd immunity di Riau. 

Hal tersebut dalam rangka mendukung  pelonggaran protokol kesehatan yang dilakukan pemerintah seiring dengan semakin melandainya kasus Covid-19 di Tanah Air.

Kepala BIN Daerah Riau, Brigjen TNI Amino Setya Budi mengatakan peserta vaksinasi antusias mendatangi gerai vaksinasi yang disediakan pihaknya, mulai dari anak-anak hingga remaja dan lansia turut datang langsung ke sentra vaksinasi yang disediakan.

“Kegiatan vaksinasi ini kita arahkan untuk meningkatkan capaian vaksinasi serta membentuk herd immunity di masyarakat sehingga resiko terpapar Covid-19 dapat terus ditekan serendah mungkin, sehingga fenomena perbaikan semua parameter pandemi yang sudah kita capai saat ini bisa terus berlanjut,” kata Amino Setya Budi dalam keterangan yang diterima, Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Transisi Pandemi Menuju Endemi, BIN Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19 di Kalsel

Jenderal bintang satu ini mengatakan, target capaian untuk kegiatan vaksinasi di 12 kabupaten/ kota se-Riau ini yakni 9.000 dosis per hari.

Per Selasa (24/5/2022), rasio vaksinasi di Riau sudah mencapai 111,80 persen untuk dosis pertama, 96,16 persen untuk dosis kedua, dan 37.97 persen untuk dosis ketiga atau booster.

"Kita ingin mencapai target dosis dua maupun booster seperti dosis satu, maka itu percepatan terus dilakukan. Dengan demikian, kekebalan komunal masyarakat di Riau akan semakin merata, berkualitas, dan bertahan untuk waktu yang lama," katanya.

Namun demikian dirinya juga mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk tetap mematuhi segala aturan terkait penerapan protokol kesehatan (prokes) sekalipun sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Vaksin itu sifatnya mencegah, maka dari itu kami tekankan untuk tetap mematuhi prokes saat beraktifitas. Karena, sekalipun sudah divaksin tidak menjamin akan terhindar dari Covid-19. Meski, memang, vaksinasi sangat ampuh menghindarkan orang menderita gejala berat bila terinfeksi. Karena itu, ayo lengkapi vaksinasi hingga dosis booster dan tetap imbangi dengan penerapan prokes yang baik dan benar,” katanya.

Sekadar informasi, kegiatan vaksinasi yang digelar BIN Daerah Riau di 12 kota/ kabupaten secara serentak yakni di Pekanbaru, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan serta Meranti.

Selain itu, Kuansing, Kampar, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Dumai hingga Bengkalis.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas